Halo sobat tanilokal yang bahagia, ketemu lagi dalam artikel yang beda, kali ini saya akan menjelaskan manfaat buah jeruk yang sering dikonsumsi orang banyak, sudah kahkamu tau.

Buah Jeruk merupakan jenis buah citrus yang paling banyak dikonsumsi oleh masyarakat di Indonesia. Hal tersebut memang sangatlah cocok dengan habitat dari tanaman jeruk sendiri yang tumbuh sangat subur di dataran dengan iklim tropis.

Berikut adalah berbagai ulasan seputar buah jeruk yang sangat menarik untuk diketahui banyak orang.

Cara Pemilihan Benih dan Varietas

Bibit yang dipilih sebaiknya disesuaikan dengan target pasar dan kondisi agroklimat tempat penanaman.

Gunakan bibit yang sehat dan pertumbuhannya seragam. Tinggi bibit yang digunakan 80-100 cm dengan diameter batang 1-1,5 cm.

Warna batang hijau tua kecoklatan, bentuk batang lurus dan tidak bercabang. Warna daun hijau mengkilap dan telah membentuk 3 flush (trubus).

Bibit sebaiknya telah berumur 6 bulan atau lebih.

Pastikan bibit bebas dari serangan hama dan penyakit, khususnya tujuh penyakit sistemik di antaranya CVPD, tristeza, psorosis, exocortis, vein enation, tatter leat dan xyloporosis.

Batang bawah yang dianjurkan antara lain YC dan RL atau troyer, carrizo, volkameriana dan citrumello yang tahan tristeza (CTV).

Cara Persiapan Lahan

Pekerjaan ini diawali dengan membersihkan batu-batu besar, alang-alang, tunggul batang tanaman dan sebagainya dari lahan, karena akan mengganggu sistem perakaran tanaman dan menghambat aliran unsur hara.

Selanjutnya, bagi lahan menjadi beberapa blok yang dipisahkan oleh jalan kebun. Jalan ini diperlukan untuk pemeliharaan, pengangkutan hasil panen dan pengawasan kebun.

Jika luas kebun puluhan hektar, satu blok sebaiknya seluas satu hektar dan jumlah tanaman sebaiknya 500 pohon.

Lahan yang bertopografi miring sebaiknya dibuatkan terasering terlebih dahulu, lalu disusul pembuatan lubang tanam, jika jeruk hendak ditanam di tanah berair atau tanah sawah, tinggikan tanah tempat lubang tanam terlebih dahulu agar sistem perakarannya tidak terendam air dan lengkapi dengan saluran drainase.

Namun, jika jeruk akan ditanam dilahan kering, lahan harus dilengkapi dengan sarana irigasi. Jika lapisan tanah agak tipis, hancurkan lapisan cadas yang terdapat dibawah lapisan tanah hingga gembur.

Pembuatan Lubang Tanam dan Penanaman : Jika jeruk ditanam ditanah cadas, buat lubang tanam berukuran 1x1x1 meter. Sementara bila ditanam ditanah gembur ukuran lubang tanam cukup 70x70x70 cm.

Saat membuat lubang tanam, pisahkan tanah bagian atas di kiri lubang dan tanah bagian bawah di kanan lubang.

Biarkan lubang tanam terbuka selama dua minggu agar bibit hama penyakit dan gulma mati terkena sinar matahari langsung.

Setelah 2 bulan, masukan tanah galian bagian bawah ke dalam lubang tanam hingga seperempat volume lubang.

Campur sisa tanah galian dengan pupuk kandang sebanyak 8 liter bila bibit ditanam di tanah cadas atau 4 liter bila bibit ditanam di tanah subur.

Masukkan campuran pupuk kandang dan tanah galian ke dalam lubang hingga menggunduk.

Buah Jeruk

Selama ini kita mungkin dengan mudahnya menemukan jeruk. Tapi tahukah anda dari mana sebenarnya jeruk berasal?

Pohon jeruk saat ini salah satu yang paling banyak di budidayakan di dunia, namun sampai sekarang tidak jelas darimana asal serta bagaimana penyebarannya ke seluruh dunia.

Untuk mendapatkan pemahaman yang lebih baik dari mana asal pohon jeruk, ilmuwan pun kemudian memetakan genom lebih dari 50 varietas buah jeruk.

Selain itu ilmuwan juga menggunakan dua spesies yang masih berhubungan namun tidak masuk dalam keluarga jeruk.

Ini dilakukan untuk lebih memahami apabila ada perubahan genetika yang terjadi pada garis keturunan jeruk.

Hasilnya, ilmuwan menemukan jika nenek moyang jeruk berasal dari pegunungan Himalaya, mencakup wilayah timur Assam, Myanmar utara dan Yunnan bagian barat.

Buah jeruk bisa dibilang termasuk ke dalam jenis super fruit. Pasalnya, buah ini memang sangat kaya akan vitamin C yang sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh Anda.

Berikut adalah ulasan berbagai manfaat yang bisa anda peroleh dengan mengkonsumsi buah jeruk:

Memperkuat Sistem Kekebalan Tubuh

Vitamin C di dalam buah jeruk akan berubah menjadi zat antioksidan saat memasuki tubuh anda. Zat antioksidan tersebut sangatlah dibutuhkan oleh tubuh untuk memperkuat sistem kekebalan.

Dengan rajin mengkonsumsi buah jeruk, tubuh anda akan menjadi lebih kuat dalam memerangi virus dan bibit penyakit yang masuk ke dalam tubuh.

Mengkonsumsi buah jeruk sangatlah direkomendasikan untuk membantu menjaga agar anda tetap sehat di tengah-tengah cuaca yang tidak menentu.

Mengurangi Resiko Terkena Penyakit Akibat Radikal Bebas

Zat antioksidan yang terkandung di dalam buah jeruk juga sangat bermanfaat untuk membantu memerangi zat radikal bebas yang masuk ke dalam tubuh.

Zat-zat radikal bebas tersebut bisa masuk ke dalam tubuh lewat paparan radiasi ultraviolet matahari, polusi udara, asap rokok, maupun dari zat-zat kimia yang terdapat di dalam makanan yang anda konsumsi.

Paparan radikal bebas yang terus-menerus tersebut tentunya dapat berdampak negatif terhadap kesehatan tubuh anda. Diabetes mellitus, sakit jantung dan kanker merupakan beberapa dari penyakit yang disebabkan oleh paparan radikal bebas di dalam tubuh.

Namun, dengan mengkonsumsi buah jeruk , resiko penyakit tersebut dapat diminimalisisr. Antioksidan merupakan zat yang sangat ampuh untuk menghancurkan zat-zat radikal bebas dan mencegah terjadinya kerusakan DNA.

Menjaga Perkembangan Janin

Mengkonsumsi buah jeruk juga sangat disarankan bagi anda yang sedang menjalani masa kehamilan. Masa kehamilan merupakan masa yang sangat pentung untuk perkembangan janin.

Untuk mengawal perkembangan janin agar berlangsung maksimal, tubuh anda memerlukan asupan vitamin C yang sangat melimpah.

Kandungan antioksidan yang terkandung di dalam vitamin C tersebut dan diperkuat dengan kandungan asam folat dapat membantu mencegah terjadinya cacat syaraf pada janin. Resiko terjadinya gangguan syaraf seperti spina bifida dan anensefali pun dapat dihindari.

Mengatasi Masalah Pencernaan

Pernahkah ada mengalami masalah konstipasi? Konstipasi memang sangatlah mengganggu, karena mengakibatkan anda tidak dapat buang air dengan lancar.

Penyebab umum terjadinya konstipasi umumnya diakibatkan oleh kurangnya konsumsi air dan kurangnya asupan serat. Apabila anda tergolong sering mengalami masalah konstipasi, sangatlah disarankan untuk mengkonsumsi buah jeruk.

Tidak hanya kaya akan vitamin C dan asam folat, buah jeruk juga memiliki kandungan serat yang sangat melimpah. Kandungan air yang terkandung di dalam buah jeruk juga membantu menghidrasi tubuh.

Konsumsi buah jeruk secara teratur dapat membantu menjaga kesehatan organ pencernaan anda.

Baik Untuk Diet

Bagi anda yang sedang menjalankan program diet, ada baiknya untuk mengkonsumsi buah jeruk secara rutin.

Kandungan serat yang dimiliki buah jeruk tidak hanya membantu mencegah terjadinya konstipasi dan masalah yang berhubungan dengan pencernaan.

Kandungan serat di dalam buah jeruk dapat membantu membuat anda lebih awet merasa kenyang. Ini tentunya dapat membantu anda dalam mengontrol nafsu makan.

Mencerahkan dan Menjaga Kesehatan Kulit

Tidak hanya bagus untuk menjaga sistem pencernaan, mengkonsumsi buah jeruk juga bisa memberikan manfaat terhadap kesehatan kulit.

Kandungan vitamin C di dalam buah jeruk dapat membantu melindungi kulit dari resiko paparan sinar ultraviolet.

Vitamin C tersebut juga membantu menutrisi kulit dan membuatnya terlihat berseri-seri. Manfaat buah jeruk satu ini tentunya menjadi yang paling dicari-cari, terutama oleh kaum Hawa.

Membantu Merawat dan Meningkatkan Kesehatan Otak

Selain mengandung antioksidan dan asam folat, buah jeruk juga mengandung zat kalium yang sangat bagus untuk merawat kesehatan syaraf otak.

Konsumsi buah jeruk, baik dalam bentuk mengonsumsinya begitu saja maupun dalam bentuk jus terbukti mampu mencegah terjadinya penyakit yang berhubungan dengan penurunan fungsi otak.

Fakta Kandungan Buah Belimbing

Belimbing adalah buah yang kaya akan serat dan vitamin C. Pada satu buah belimbing berukuran sedang (90 gram), setidaknya mengandung 3 gram serat, 1 gram protein, serta bisa memenuhi 52% kebutuhan harian tubuh akan vitamin C.

Selain kaya akan serat dan vitamin, buah belimbing dikenal rendah kalori. Pada satu buah belimbing berukuran sedang, terdapat sekitar 30 kalori dan 5 gram karbohidrat. Lihat Selengkapnya…

Buah Nangka dan Segala Manfaatnya

Nangka atau buah nangka memiliki tekstur daging yang tebal dan rasa yang manis bila matang sempurna. Buah nangka menyimpan banyak manfaat bagi kesehatan tubuh.

 Apakah anda penggemar buah nangka?  Buah nangka, salah satu buah tropis yang cukup populer di tanah air. Buah nangka yang matang berwarna kuning, dengan daging tebal, punya rasa manis, dan terdapat biji-bijian di dalam buahnya.  Lihat Selengkapnya…

  • Klik disini

Artikel menarik lainnya:

Kalau anda suka dengan konten ini, silahkan bagikan kepada teman ada.
One thought on “7 Manfaat Mengkonsumsi Buah Jeruk”
  1. For most recent information you have to pay a visit world wide web and
    on world-wide-web I found this site as a most excellent site for hottest
    updates.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.