Halo sobat tanilokal yang sedang berbahagia, semoga dalam keadaan baik-baik saja yah, kali ini saya coba sajikan artikel cara perawatan bunga mawar, semoga bermanfaat untuk kalian semua, ini dia ulasannya.

Bunga Mawar adalah salah satu bunga paling populer di dunia. Bunga dengan bentuk yang cantik dan aroma yang harum ini kerap dianggap sebagai lambang cinta dan kasih sayang. Menanam bunga mawar di halaman rumah pun akan memberikan kecantikan yang mumpuni bagi dekorasi rumah. Sehingga, bunga ini banyak dipilih oleh pemilik rumah untuk di tanam di halaman atau taman rumah.

Tentu anda sudah tau bahwa cara menanam bunga mawar sari stek batang adalah cara yang paling umum dan efektif untuk memperbanyak tanaman ini. Sebab, bunga mawar masih menjadi salah satu tanaman hias favorit para pecinta bunga.

Warnanya yang beragam dan bentuknya yang khas menjadi daya tarik utama bunga mawar. Dahulu, bunga mawar hias belum mempunyai warna yang beragam, namun seiring perkembangannya, kini warnanya sudah lebih beragam.

Tidak hanya warna merah saja, kini mawar mempunyai banyak warna. Mulai dari putih, kuning, pink, ungu, orange, kuning, hitam hingga marun telah tersedia. Dengan begitu, para pecinta tanaman hias khususnya bunga mawar mempunyai banyak pilihan untuk menanam mawar. Bahkan sekarang ini juga telah dikembangkan jenis mawar pelang. Mawar yang mempunyai banyak warna ini tidaklah tumbuh secara alami, karena merupakan hasil dari pewarnaan osmosis.

Persiapan Media Tanam

Persiapan media tanam adalah langkah awal penentu keberhasilan budidaya bunga mawar. Meski tempat penanaman mawar dapat dilakukan di lahan kebun, taman dan di dalam pot, namun anda tetap harus melakukan persiapan media tanam dengan tepat. Berikut ini cara persiapan media tanam untuk bunga mawar pot/polybag:

  1. Siapkan tanah yang subur, gembur dan berpasir.
  2. Siapkan Granule Bio Organik GDM SaMe sebagai pengganti pupuk kandang dan pupuk dasar lainnya.
  3. Siapkan tangki semprot berisi air.
  4. Siapkan GDM Black BOS.
  5. Campurkan tanah dan Granule Bio Organic GDM SaMe dengan perbandingan 2:1.
  6. Sirami dengan air hingga lembab dan basah.
  7. Campurkan 250 ml GDM Black BOS kedalam tangki semprot berisi air, kemudian aduk hingga homogen.
  8. Semprotkan ke tanah yang sudah disiram dengan air tersebut.
  9. Diamkan tanah beberapa saat, kemudian masukkan kedalam pot/polybag
  10. Media tanam siap untuk digunakan.

Pembibitan Stek Bunga Mawar

Dibandingkan melalui benih atau biji, menanam mawar dengan cara stek batang akan lebih mudah. Dengan cara stek bunga mawar, bunga mawar akan lebih mudah tumbuh, karena pertumbuhan tunas barunya berasal dari ketiak ruas batangnya.

Hal ini tentu akan lebih mudah dibandingkan dengan perkecambahan melalui biji atau benih mawar. Cara stek bunga mawar juga lebih menghemat waktu, karena menanam mawar melalui biji setidaknya membutuhkan waktu minimal 60 hari. Oleh karena itu, akan lebih mudah membudidayakan mawar melalui stek batang. Bila anda ingin membudidayakan mawar melalui stek batang. Berikut adalah panduan yang bisa diikuti:

Alat dan Bahan

Sebelum memulai penyetekan bunga mawar melalui batangnya, Anda perlu menyiapkan alat dan bahan sebagai berikut:

Air secukupnya

Gunting atau pisau khusus tanaman yang tajam dan steril

Pot atau wadah lainnya untuk tempat tumbuh

Media tanam yang sudah disiapkan

Buat larutan Pupuk Organik Cair GDM Spesialis Tanaman Hias kedalam 10 liter air, kemudian aduk hingga homogen

Cara Stek Bunga Mawar

Bunga Mawar

Sebaiknya lakukan penyetekan pada pagi hari agar tanaman masih dalam keadaan segar.

Potonglah batang mawar sepanjang 15-20 cm , menggunakan gunting atau pisau steril yang sudah dipersiapkan

Rendam batang yang sudah dipotong ke dalam larutan Pupuk Organik Cair GDM Spesialis Tanaman Hias selama 1 jam. Ini berguna untuk membuat batang tetap segar, mengurangi stres pasca pemotongan, mempercepat pertumbuhan daun baru setelah di tanam, dan menghilangkan bibit-bibit penyakit.

Apabila terdapat daun-daun pada batang tersebut, maka guntinglah dengan hati-hati.

Bibit bunga mawar siap ditanam.

Cara Menanam Stek Bunga Mawar

Buatlah lubang pada media tanam di dalam pot menggunakan ranting sedalam 4-7 cm. tergantung panjang bibit. Pastikan kedalamannya sekitar setengah dari tinggi batang yang telah dipotong tadi.

Masukkan batang ke dalam lubang yang sudah dibuat hingga 3/4 atau 1/2 bagian.

Tutup dengan tanah.

Sirami dengan air hingga lembab. Penanaman mawar dengan cara stek membutuhkan drainase yang baik, jangan sampai air menggenangi pot.

Letakkan mawar ditempatkan di tempat yang mendapatkan penyiraman cukup, namun bukan langsung terkena sinar matahari. Hal ini karena penyinaran langsung justru akan membuat daun mawar yang baru tumbuh menjadi kering seperti terbakar.

Perawatan Bibit Bunga Mawar

Setelah ditanam, kini saatnya untuk melakukan perawatan bunga mawar. Tentu saja, cara merawat bunga mawar juga menentukan apakah mawar dapat tumbuh dan berkembang secara optimal. Agar bunga mawar anda dapat cepat tumbuh dan berkembang, berikut ini cara merawat bunga mawar:

  1. Lakukan penyiraman secara rutin, 1 kali sehari atau 2 kali jika tempat anda cukup panas. Bila menanam mawar di lahan terbuka dan memasuki musim hujan, penyiraman dapat disesuaikan dengan kondisi. Air mempunyai peran penting dalam proses biologi tumbuhan bunga mawar, karenanya penyiraman merupakan hal yang penting. Selain itu, penyiraman juga bertujuan untuk melarutkan unsur hara yang akan diserap akar dan menjaga kelembaban udara di sekitarnya. Jumlah air dalam penyiraman disesuaikan dengan tingkat kadar air tanah maupun umur bunga mawar tersebut. Kekurangan air berdampak pada pertumbuhannya yang terhambat.
  2. Rajinlah memangkas daun dan batang tanaman. Pemangkasan pada daun dan batang mawar juga perlu untuk dilakukan. Sebab, daun batang tanaman yang terlalu rimbun juga dapat menghambat perkembangan dan pertumbuhan bagian bunganya. Hal ini disebabkan karena proses fotosintesisnya digunakan untuk pertumbuhan daun dan batang tanaman, sehingga pertumbuhan bunganya terhambat. Lakukan pemangkasan paling tidak selama 3 minggu sekali atau dapat disesuaikan dengan kondisi tanaman.
  3. Penyiangan gulma harus dilakukan secara rutin. sebab, gulma yang tumbuh disekitar tanaman dapat menyerap nutrisi dan berlomba dengan mawar. Sehingga pertumbuhan dan perkembangan mawar menjadi terhambat.

Pemupukan Pada Tanaman Bunga Mawar

Untuk mendapatkan hasil yang optimal, lakukan pemupukan dengan benar menggunakan pupuk organik. Pemupukan dengan menggunakan pupuk organik ini berguna agar tanaman mendapatkan nutrisi yang memang diperlukan dalam pertumbuhannya tanpa mengurangi kualitas tanah. Pupuk organik merupakan pupuk yang sangat aman serta memiliki kandungan bakteri yang dapat membantu mencegah tanaman terserang penyakit tular tanah dan meningkatkan kesuburan tanaman.

Pemupukan Mawar Usia 7 – 21 dan 40 Hari

Pada usia 7-21 hari adalah masa-masa awal pertumbuhan bunga mawar. Oleh sebab itu, anda harus memberikan pemupukan secara optimal. Sedangkan pada umur 40 Hari, tanaman membutuhkan nutrisi untuk perkembangan tanaman. sehingga proses perbungaan dapat lebih banyak. Berikut ini cara memupuk bunga mawar pada umur 7-21 hari:

Siapkan 50 ml Pupuk Organik Cair GDM Spesialis Tanaman Hias

Siapkan tangki semprot berisi air penuh.

Larutkan Pupuk Organik Cair GDM Spesialis Tanaman Hias kedalam tangki, kemudian aduk hingga homogen.

Ulangi pengaplikasian setiap minggunya.

Pemupukan Tambahan Bunga Mawar Usia Setiap 2 Bulan

Pemupukan tambahan mawar di setiap 2 bulan sangat dibutuhkan tanaman agar dapat memberikan nutrisi lebih banyak. Sebab, selama 2 bulan, cadangan nutrisi pada tanah terus diserap oleh tanaman. Oleh sebab itu, anda disarankan memberikan pupuk tambahan yang berfokus pada penambahan nutrisi pada tanah. Berikut ini cara pemupukan tambahan pada bunga mawar:

Sebarkan secara merata 250 gram Granule Bio Organic GDM SaMe diatas permukaan tanah.

Sirami tanah dengan air hingga lembab dan basah.

Larutkan 250 ml GDM Black BOS kedalam tangki semprot berisi air penuh, aduk hingga homogen.

Semprotkan larutan tersebut di sekitar perakaran.

Ulangi pengaplikasian setiap 2 bulan

Proses Perawatan Tanaman Bunga Mawar

Setelah melakukan pemupukan, anda diharuskan melakukan perawatan secara bekala. Sebab, serangna gulma, hama dan penyakit sangat berpengaruh terhadap kualitas bunga mawar.

Pembersihan Gulma
Gulma merupakan tumbuhan pengganggu tanaman budidaya mawar. Oleh karena itu, gulma harus rutin dibersihkan setidaknya 2 minggu sekali. Bila media tanam mulai ditumbuhi rumput, maka segera cabut dan bersihkan gulma tersebut. Gulma akan membuat nutrisi yang diberikan ke tanaman tidak terserap maksimal.

Pengendalian Hama dan Penyakit
Hama ulat pemakan daun adalah jenis hama paling umum yang biasa menerang bunga mawar. Untuk mengendalikannya, bisa dengan menyemprotkan insektisida sesuai dengan dosisnya. Selain itu, bunga mawar juga cukup sering terkena jamur dan bakteri penyebab penyakit tular tanah yang mengakibatkan akar tanaman cepat busuk atau daun rontok. Oleh sebab itu aplikasikan GDM Black BOS dan Granule Bio Organic GDM SaMe pada saat olah tanah atau persiapan media untuk mencegah penyakit tular tanah.

Pemangkasan Batang/Ranting
Pemangkasan batang/ranting tanaman mawar bermanfaat untuk menyesuaikan bentuk tanaman sesuai keinginan. Utamanya bagi anda yang membudidayakan mawar di pot/polybag. Selain itu, pemangkasan batang/ranting tanaman mawar juga bermanfaat untuk mendapatkan bentuk yang sesuai, merangsang keluarnya bunga, memperbanyak bunga dan memperbesar ukuran bunga. Dengan begitu, mawar bisa semakin indah. Pemangkasan ini merupakan suatu kunci cara perawatan bunga mawar agar berbunga lebat.

Penyiraman
Penyiraman tanaman mawar perlu dilakukan setidaknya 1-2 kali sehari. Sebab, mawar membutuhkan air dalam jumlah cukup, namun tidak boleh terlalu banyak, karena dapat menyebabkan batang membusuk. Lakukan penyiraman bunga mawar secara rutin agar pertumbuhan dan perkembangannya optimal.

Itulah panduan cara stek bunga mawar, cara menanam mawar dan cara merawat bunga mawar. Jangan lupa untuk selalu menggunakan pupuk organik agar pertumbuhan dan perkembangan mawar anda tetap optimal.

Cara Menanam dan Merawat Bunga Anggrek

Bunga anggrek memang cantik dan termasuk bunga favorit untuk menghias interior rumah. Sayangnya, seringkali tanaman anggrek yang kita beli tak kunjung berbunga walau sudah dirawat lama. Di dunia terdapat lebih dari 25.000 jenis tanaman anggrek, dan 4.000 jenis di antaranya tersebar di berbagai pulau di Indonesia, seperti Kalimantan, Jawa, Sulawesi, Papua, dan pulau-pulau lain. Beberapa jenis anggrek yang tumbuh di Indonesia, yaitu Lihat Selengkapnya…

Indahnya Bunga Kamboja

Bunga Kamboja

Siapa sih yang tidak kenal dengan tanaman satu ini?, bunga kamboja. Di Negara kita ini, bunga kamboja sangat populer di berbagai kalangan apalagi bagi para pecinta tanaman hias. Bunga kamboja yang dahulu identik dengan pemakaman ini sekarang sudah bisa Anda jumpai di berbagai tempat sebagai tanaman hias. Karena bentuk dan warna bunga yang cantik serta beragam membuat tumbuhan ini¬†digandrungi¬†banyak orang. Selain itu, perawatannya juga sangat mudah. Lihat Selengkapnya…

Artikel Menarik Lainnya:

Kalau anda suka dengan konten ini, silahkan bagikan kepada teman ada.
One thought on “Ada 3 Cara Perawatan Tanaman Bunga Mawar”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.