Sobat tanilokal yang saya cintai, bagaimana kabarnya hari ini, semoga baik-baik saja, dihari yang cerah ini saya ingin berbagi pengalaman dengan sobat tanilokal semuanya, sudahkah sobat tau cara menanam sayur kangkung. ini dia ulasannya.

Budidaya kangkung merupakan salah satu jenis sayuran yang proses penanamannya lebih mudah daripada sayuran kebanyakan, agar kangkung yang kita tanam dapat menghasilkan hasil yang optimal, kita dapat persiapkan mulai dari bagaimana cara pemilihan benih-benih yang baik.

Budidaya kangkung itu sendiri bisa menjadi prospek bisnis yang menjanjikan karena kebutuhan masyarakat dengan sayuran yang satu ini sangat meningkat apalagi jika di olah menjadi masakan yang gurih dan enak.

Kali ini kami akan memberikan informasi tentang cara budidaya tanaman kangkung yang baik dan benar. Pilih bibit yang berkualitas karena kita ingin hasil yang maksimal, maka usahakan untuk memiliki bibit yang bagus dan berkualitas unggul.

Bibit yang bagus pasti akan menghasilkan hasil panen yang baik pula, adapun ciri-ciri bibit bagus pada awal pertumbuhan kangkung ditandai dengan tumbuh tegak dan daya tumbuhnya hanya perlu 100%.

Dalam melakukan pembibitan kami memberikan informasi ada 2 cara yang bisa dilakukan yaitu dengan teknik stek, yaitu batang ditancapkan di tanah dengan kondisi bibit yang besar dan segar atau menggunakan benih dengan kondisi yang bagus dan kering.

Pada tahap selanjutnya yaitu bagaimana mempersiapkan lahan untuk menanam tanaman kangkung. Lahan tanaman kangkung yang baik digunakan harus bebas dari hama dan penyakit dan buatlah bedengan dengan lebar sekitar 1 meter dan panjang menyesuaikan, lalu beri jarak dengan bedengan yang terletak sekitar 40 cm atau menyesuaikan tempat.

Kemudian sebarkan pupuk kompos di atasnya kemudian biarkan dalam sehari. Media tanam juga bisa terbuat pot atau polybag yang harus tetap dipadukan dengan kegemburan tanah yang akan digunakan. Jadi kamu bebas mau menanam dimana saja, kalian bisa memilih menanam di pekarangan rumah, dibelakang rumah, di pot atau di polybag. Tinggal bagaimana cara kalian untuk melakukan perawatan terhadap tanaman kangkung kalian nantinya.

Jika sudah siap lahannya langkah selanjutnya adalah persiapan untuk penanaman tanaman kangkung. Di dalam penanaman tersebut ada 2 macam metode yang bisa dilakukan yaitu, dengan cara ditebar, akan tetapi proses ini memang begitu cepat tetapi biasanya kurang optimal karena tingkat kerapatan penanaman tidak menentu, kalian bisa melakukan penebaran benih dengan cara perlahan dan atur jarak penebaran benih kangkung.

Kangkung

Proses penanaman selanjutnya dengan cara ditugal yaitu memasukkan 2-3 benih ke dalam lubang yang telah dibuat di bedengan dengan jarak 10×5 cm.

Dengan cara ini meskipun pengerjaannya agak lambat tetapi dengan cara ini hasil bisa melimpah. Jadi kembali kepada kalian, mau yang perawataanya adalah menyiram rutin pada pagi hari dan sore hari.

Jika kalian mendapatkan musim kemarau, kalian hanya perlu penyiraman yang rutin setiap pagi dan sore hari.

Biasanya jika tanaman kangkung di siang hari terlihat layu dan menguning, kalian harus lakukan penyiraman dengan intensitas yang cukup.

Jika kalian kurang memperhatikan penyiraman di siang hari maka tanaman bisa mati.

Waktu panen dalam budidaya kangkung mulai dari penanaman biasanya memakan waktu 30-45 hari. Memanen tanaman kangkung pun tidak sulit yaitu dengan cara dipotong dan di cabut.

Persiapan Lahan

Sebaiknya menanam kangkung darat cabut lakukan di area persawahan biar terkena sinar matahari yang cukup dan usahakan jangan terlalu jauh dari perairan, lahan yang harus di persiapkan untuk budidaya kangkung yaitu:

Lahan harus di cangkul terlebih dahulu.
Buatlah bedengan persegi panjang
Lebar lahan yang mau di buat minimal 30-40 cm
Tinggi kedalaman untuk penampungan air 20-30 cm dan panjang bedengan sesuai dengan lahan masing-masing.

Proses Pemupukan

Setelah proses pengolahan lahan selesai berikanlah pupuk kandang sebelum biji atau tunas di tanam dengan jarak 4 hari, pengalaman saya dalam memberi pupuk kandang pada lahan 8 x 12 saya beri 4 kantung dengan berat 50 kg.

Sebenarnya tanaman kangkung darat cukup di bilang sangat kebal terhadap cuaca dan kondisi tanah yang lembab.

Proses pemberian pupuk pada saat usia umur tanaman kangkung darat berkisar 14 hari. cukup di beri pupuk garam dan urea sekali sampai proses pemanenan juga tidak bermasalah, selain meringankan pengeluaran juga bisa di bilang ngirit.

Cara Penanaman
Ada 2 tehnik penanaman kangkung darat yang bisa teman-teman lakukan yaitu dengan cara biji di tebar dan di tugal.
Kalau proses penanaman bibit kangkung darat dengan cara di tebar maka hasilnya kurang maksimal (bagus) nanti hasil pertumbuhannya pun akan sangat rapat dan tidak teratur.

Jadi sebaiknya dalam proses penanaman kangkung darat alangkah baiknya dengan cara di tugal saja dengan jarak tanam maksimal 5-6 cm, walaupun dengan cara di tugal proses penanamannya agak lama tapi hasilnya akan sangat bagus dan rajin nantinya.

Penjarangan dan Penyulaman
Bila tanaman kangkung darat terlalu lebat maka akan sangat kelihatan tidak rajin, jadi dalam menanam tanaman kangkung darat biar menghasilkan hasil yang bagus maka diperlukan penjarangan.

Apabila tanaman banyak yang mati, sebaiknya segeralah dilakukan penyulaman dan diganti dengan bibit yang telah disiapkan sebelumnya begitu pula sebaliknya, apabila di dalam satu rumpun tanaman kebanyakan maka segeralah lakukan pemisahan minimal dalam satu rumpun ada 3-4 batang kangkung saja.

Panen Tanaman Kangkung
Pemanenan tanaman kangkung darat bisa di lakukan setelah umur kangkung sudah mencapai usia 30-40 hari. Pemanenan juga bisa di lakukan dengan dua cara yaitu dengan dicabut atau dipotong paling bawah batangnya.

Proses pemanenan juga bisa dilakukan dengan dua cara tersebut, tapi kalau menurut saya mending di potong saja batang pohonnya kan masih bisa tumbuh lagi dan bisa di budidayakan kembali juga bisa mengurangi pengeluaran uang untuk membeli bibit lagi.

Perlu anda ketahui kangkung darat juga bisa di lakukan pemanenan dalam sekali tanam 3 kali pemanenan loh, bahkan bisa lebih, setelah panen pertama selesai anda hanya membutuhkan 5-7 hari saja bisa memetik kembali kangkungnya.

Oleh karena itu, setiap bulannya anda bisa panen sampai 6 kali sedangkan kalau yang di cabut sampai akarnya cuma bisa menghasilkan proses pemanenanya cuma sesekali saja.

Manfaat Kangkung

Menjaga Kesehatan Mata
Konsumsi kangkung dapat membantu menjaga kesehatan mata. Hal ini karena kandungan beta-karoten yang cukup tinggi pada kangkung berperan dalam melindungi sel-sel mata dari kerusakan.

Selain itu, beta-karoten merupakan bahan baku vitamin A dalam tubuh.
Vitamin A berperang penting dalam menjaga kejernihan kornea mata. Vitamin ini juga merupakan komponen pentung dalam pembentukan rhodopsin, yaitu protein mata yang berfungsi untuk ketajaman penglihatan di tempat yang minim cahaya.

Meningkatkan imunitas Tubuh
Vitamin A dan C dalam kangkung juga mampu meningkatkan imunitas tubuh. Kedua vitamin ini diketahui turut terlibat dalam aktivitas sel darah putih yang berfungsi melawan infeksi. Selain itu, aktivitas antioksidan dari vitamin A dan C juga dapat melindungi sel-sel imun dari kerusakan akibat radikal bebas.

Melawan Radikal Bebas
Selain dari vitamin A dan C, kangkung juga mengandung berbagai macam senyawa tanaman dengan aktivitas antioksidan, misalnya falvonoid, asam palmitat dan phytol.
Antioksidan dibutuhkan tubuh untuk menangkal radikal bebas yang bisa menjadi penyebab kerusakan DNA, sel, jaringan dan bahkan organ tubuh. Jika dibiarkan, radikal bebas berlebih dalam tubuh bisa memicu beragam penyakit serius, seperti diabetes dan kanker.

Mengatur Keseimbangan Cairan
Orang dewasa membutuhkan kalium sekitar 3.500-4.700 mg perhari. Guna memenuhinya, anda perlu untuk mengonsumsi makanan yang mengandung kalium, seperti kangkung.
Kalium dibutuhkan tubuh untuk beragam fungsi. Salah satunya adalah membantu mengatur keseimbangan cairan tubuh. Selain itu, kangkung juga termasuk sayuran dengan kadar air yang tinggi, bahkan bisa lebih dari 90%.

Menurunkan Tekanan Darah
Kangkung bisa menjadi salah satu makanan penakluk tekanan darah tinggi. Manfaat kangkung yang satu ini didapatkan dari kandungan kaliumnya yang mampu mengaur dan menurunkan tekanan darah.

Cara Menanam Padi Dengan Baik

Padi merupakan salah satu komoditas utama pertanian Indonesia. Hasil olahan padi yakni nasi, menjadi makanan pokok masyarakat Indonesia. Tanaman dengan nama bahasa Latin Oryza sativa ini merupakan salah satu tanaman budidaya. Dalam sekali panen, hasil padi bisa sangat melimpah ruah dan kemudian akan diolah menjadi beras, untuk bisa dikonsumsi dalam bentuk nasi. Padi membutuhkan waktu sekitar tiga bulan hingga empat bulan untuk dipanen. Sebelum dipanen, padi akan mengalami proses pertumbuhan serta perkembangbiakan. Lihat Selengkapnya…

Cara Budidaya Sayur Bayam

Tanaman Bayam berbentuk perdu atau semak, berdaun tunggal dengan ujung meruncing, lunak dan lebar. Batangnya lunak dan berwarna hijau keputih-putihan, putih kemerah-merahan, atau hijau. Bunga berukuran kecil muncul dari ketiak daun dan ujung barang pada rangkaian tandan. Buahnya tidak berdaging tetapi biijinya banyak, sangat kecil, bulat dan mudah pecah. Tanaman bayam berakar tunggang dan berakar samping yang kuat dan agak dalam. Lihat Selengkapnya…

Artikel menarik lainnya:

Kalau anda suka dengan konten ini, silahkan bagikan kepada teman ada.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.