Halo sobat tanilokal yang setia, semoga dalam keadaan baik-baik saja hari ini, hari ini ingin sekali berbagi informasi tentang budidaya anggur yang jarang sekali diketahui orang banyak. dan langsung saja ini ulasannya.

Pohon Anggur merupakan tanaman buah berupa perdu merambat yang termasuk ke dalam keluarga Vitaceace. Buah ini biasanya digunakan untuk membuat jus anggur, jelly, minuman anggur, minyak biji anggur dan kismis atau dimakan langsung.

Buah ini juga dikenal karena mengandung banyak senyawa polifenol dan resveratol yang berperan aktif dalam berbagai metabolisme tubuh, serta mampu mencegah terbentuknya sel kanker dan berbagai penyakit lainnya. Aktivitas ini juga terkait dengan adanya senyawa metabolit sekunder di dalam buah anggur yang berperan sebagai senyawa antioksidan yang mampu menangkal radikal bebas.

Budidaya
Cara menanam anggur di pekarangan rumah itu ternyata sangat mungkin untuk dilakukan. Meski jenis tanaman buah ini cukup memerlukan usaha untuk merawatnya, namun semua itu mungkin dengan mengikuti langkah tahapan cara menanam anggur yang tepat. Beberapa tahapan cara menanam anggur yang kami rangkum dari berbagai sumber berikut akan membuat anda bisa memetik hasilnya.
Persiapan dulu lokasinya
Setiap tanaman memiliki syarat tumbuh yang berguna untuk menentukan lokasi ideal penanamannya, termasuk untuk tanaman anggur.

Cara menanam anggur yang pertama harus diperhatikan yaitu persiapan lokasi tanamnya, apakah sudah sesuai dengan syarat tumbuhnya. Tidak perlu khawatir, tanaman anggur tidak terlalu membutuhkan persyaratan yang rumit untuk tumbuh. Berikut beberapa syarat lokasi untuk tanaman anggur.
– Sangat baik ditanam di dataran rendah yang memiliki musim kemarau panjang sekitar empat sampai tujuh bulan.
– Hindari lokasi dengan laju angin kencang.
– Memiliki curah hujan 800 mm pertahunnya, karena jika lebih dari itu tanaman anggur rentan rusak dan terserang banyak penyakit serta hama.
– Mendapatkan paparan sinar matahari langsung.
– Suhu pada siang hari berkisar 31 derajat Celsius dan malam hari berkisar 23 derajat Celsius.
– Memiliki kelembaban udara sekitar 75% – 85%
– Kondisi lahan subur dan mudah menyerap air dan air tidak boleh menggenang.
– Tanah tidak boleh memiliki ketinggian satu meter di atas permukaan tanah.
– Kadar pH berkisar 6,5 sampai 7,02.

Pemilihan Bibit Anggur
Apabila kondisi lahan sudah sesuai dengan syarat tumbuh tanaman anggur, selanjutnya masuk tahap pemilihan bibitnya. Dalam pemilihan bibit ini, ada kriteria yang dijadikan patokan untuk menilai kualitas dari bibit anggur.

Tahap ini termasuk krusial yang harus diperhatikan dengan baik, karena akan berdampak pada kualitas tanaman serta buah anggurnya nanti. Berikut ciri-ciri bibit anggur yang berkualitas:
– Memiliki tiga ruas batang dengan panjang sekitar 25 cm sampai 30 cm
– Memiliki batang bibit berbentuk bulat berukuran 1 cm
– Kulit batang berwarna coklat, bagian bawah kulit berwarna hijau, tidak ada bercak hitam dan tidak mengandung embun air.
– Tunas terlihat kokoh, besar dan padat.
– Berusia sekitar lima bulan dan memiliki tiga hingga empat helai.

Tanaman Buah Anggur

Tanaman ini sudah di budidayakan sejak tahun 4000 SM di Timur Tengah. akan tetapi, proses pengolahan buah anggur menjadi minuman anggur baru ditemukan pada tahun 2500 SM oleh bangsa Mesir. Hanya beberapa waktu berselang, proses pengolahan ini segera tersebar luas ke berbagai penjuru dunia, mulai dari daerah di Laut Hitam, Spanyol, Jerman, Prancis dan Austria. Penyebaran buah ini berkembang semakin pesat dengan adanya perjalanan Colombus yang membawa buah ini mengitari dunia.

Anggur mengandung banyak antioksidan dan nutrisi yang berguna untuk kesehatan tubuh. Buah ini bisa anda dapati dalam beberapa warna, seperti anggur merah, anggur hitam, anggur hijau dan lain-lain.

Berikut ini manfaat buah anggur yang bisa anda dapatkan:
Mencegah Penyakit Kronis
Antioksidan dalam anggur berguna untuk melawan radikal bebas dalam tubuh yang menyebabkan berbagai macam penyakit. Mengutip dari berbagai sumber, ada lebih dari 1.600 jenis antioksidan yang bisa ditemukan dalam jenis buah tersebut. Bagian buah anggur yang mengandung antioksidan paling banyak adalah kulit dan bijinya. Sedangkan tipe buah anggur dengan jumlah anti oksidan lebih tinggi adalah anggur merah karena adanya anthocynin.
Meski sudah difermentasi, antioksidan dalam anggur merah tidak hilang, Salah satu jenis antioksidan dalam anggur yang bernama resveratrol bermanfaat untuk menjaga kesehatan jantung. Kandungan tersebut mampu menurunkan resiko penyakit jantung dan gula darah serta mencegah pertumbuhan sel kanker.

Menurunkan Tekanan Darah dan Kolestrol
Manfaat buah anggur lainnya cocok dikonsumsi oleh penderita darah tinggi. Bagi anda yang memiliki masalah tersebut, cobalah untuk makan anggur secara rutin agar tekanan darah dan kolestrol bisa lebih stabil.
Saat tubuh kekurangan potasium, resiko tekanan darah meningkat akan bertambah. Dalam 151 g anggur, anda bisa mendapat 288 mg potasium. Jumlah tersebut mampu mengontrol tekanan darah anda dengan baik.

Menjaga Kesehatan Mata
Buah anggur juga bisa anda manfaatkan untuk menjaga kesehatan mata. Buah anggur mengandung zat kimia yang mampu mencegah infeksi penyakit mata. Tikus percobaan yang diberi suplemen anggur menunjukkan tanda-tanda kerusakan retina yang lebih sedikit daripada tikus percobaan yang tak diberi anggur secara rutin. Tak hanya itu, resveratrol dalam anggur juga berguna untuk mencegah glaukoma dan katarak.

Menyehatkan Tulang
Manfaat buah anggur selanjutnya berguna untuk kesehatan tulang anda. Dalam anggur, anda bisa mendapatkan mineral yang bermanfaat untuk tulang. Mulai dari kalsium, magnesium, potasium, fosfor dan vitamin K.
Sebuah penelitian yang dilakukan pada tikus percobaan menunjukkan bahwa resveratrol mampu meningkatkan kepadatan tulang. Namun, penelitian manfaat anggur pada tulang manusia masih belum banyak dilakukan sehingga hasil tersebut belum bida dibuktikan secara pasti.

Manfaat Mengkonsumsi Buah Jeruk

Jeruk merupakan jenis buah citrus yang paling banyak dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia. Hal tersebut memang sangatlah cocok dengan habitat dari tanaman jeruk sendiri yang tumbuh sangat subur di dataran dengan iklim tropis. Berikut adalah berbagai ulasan seputar buah jeruk yang sangat menarik untuk diketahui. Lihat Selengkapnya…

Manfaat Buah Pare Yang Perlu Diketahui

Pare populer dengan rasanya yang pahit. Namun, di balik rasanya yang pahit, pare menyimpan banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Saat nama buah pare disebut yang terlintas pertama kali dibenak kebanyakan orang adalah rasanya yang pahit dan warna pare yang hijau. Memang, buah pare terkenal dengan rasa pahit. Meski rasanya pahit, tidak sedikit orang yang suka mengonsumsi pare.  Lihat Selengkapnya…

Artikel menarik lainnya:

Kalau anda suka dengan konten ini, silahkan bagikan kepada teman ada.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.