Ketemu lagi sobat tanilokal, kali ini saya akan membahas beberapa cara menanam tanaman kacang panjang, apakah anda sudah tau atau belum, kita simak saja ulasannya dibawah ini.

Kacang panjang merupakan salah satu jenis sayuran kacang-kacangan. Di samping itu, kacang panjang bisa diolah menjadi panganan yang lezat.

Ternyata tanaman ini bisa hidup di mana saja selama kebutuhan air dan tanahnya terpenuhi. Itu artinya kita bisa menanamnya di pekarangan rumah. Cara menanamnya pun tidak terlalu sulit.

Penasaran bagaimana caranya? berikut ini tips menanam kacang panjang di pekarangan rumah.

1 – Pengolahan Lahan Tanam

Berikut ini langkah-langkah mengolah lahan tanam untuk tanaman kacang panjang.

+ Buat lahan dengan cara mencangkul tanah sedalam 25 cm, tujuan dicangkul agar tanah gembur.

+ Buatlah lubang pada lahan yang sudah dicangkul dengan kedalaman sekitar 10 cm. Pelubangan tersebut bertujuan untuk tempat peletakan pupuk dan juga tempat bertanam nantinya.

+ Masukkan pupuk kandang minimal dua kepal tangan orang dewasa ke dalam lubang.

+ Kemudian bisa menambahkan pupuk KCL yang berwarna hitam dan putih di atas pupuk kandang tersebut. Campurkan terlebih dulu pupuk hitam dan pupuk putih hingga merata, lalu sebar diatas pupuk kandang. Jangan terlalu banyak, cukup 1 sendok makan, jika terlalu banyak justru akan meracuni tanaman itu sendiri.

+ Sebelum penanaman bibit, tutup biji kacang panjang dengan menggunakan tanah terlebih dahulu di atas pupuk yang sudah dimasukkan ke dalam lubang. Penutupan pada tanah dilakukan dengan ketebalan sekitar 3 cm dan jangan terlalu tebal.

Kacang Panjang

+ Lalu lubangi tanah dengan kedalaman sekitar 2 cm, cukup menggunakan jari saja. Lubang digunakan untuk tempat peletakan bibit biji kacang panjang yang akan ditanam.

2 – Penanaman

Berikut ini langkah-langkah penanaman kacang panjang di pekarangan rumah yang bisa anda lakukan.

+ Masukkan bibit kacang panjang ke dalam lubang. Dalam satu lubang cukup diisi 3 atau 4 biji bibit. Jangan terlalu banyak, karena bisa mengakibatkan pertumbuhan tanaman tidak sempurna, karena tanaman berebut sari-sari yang akan diserap dari dalam tanah.

+ Tutup lubang tanaman yang sudah terisi bibit dengan ketebalan sekitar 1 cm hingga 2 cm.

+ Tunggu sekitar 1 minggu, sampai biji mulai tumbuh.

+ Jika lebih dari 1 minggu bibit belum tumbuh, maka bisa jadi cara menanam kacang panjang salah atau gagal, atau memang biji tidak bisa tumbuh. Kalau begitu langkah yang bisa dilakukan adalah penyusulan dengan menanam bibit biji kacang panjang kembali ke dalam lubang yang sama.

3 – Perawatan

Cara merawat kacang panjang di pekarangan rumah tidak terlalu sulit kok, Kita bisa selalu memantau pertumbuhan tanaman setiap hari agar terawat. Perawatannya meliputi beberapa hal berikut ini.

+ Di usia sekitar 20 hari, lakukan penyiraman atar tidak ada hama yang menyerang tanaman dan agar kadar air di dalam tanah selalu terpenuhi.

+ Beri penyangga atau lanjaran yang di tancapkan di sekitar tanaman kacang panjang. Tujuannya agar bisa digunakan sebagai media rambat tanaman kacang panjang.

4 – Masa Panen

Di usia sekitar 35 hari biasanya tanaman kacang panjang mulai tumbuh bunga dan bunga tersebut akan berubah menjadi kacang panjang yang nantinya siap dipanen. Sementara itu, kacang panjang sudah mulai bisa dipanen pada usia sekitar 50 hari.

Selain sebagai masakan, ternyata kacang panjang juga dapat digunakan sebagai bahan obat-obatan untuk mengobati beberapa penyakit seperti diantaranya: antikanker, kanker payudara, leukimia, antibakteri, antivirus, antioksidan, gangguan saluran kencing, peluruh kencing, batu ginjal, mencegah kelainan antibodi, meningkatkan fungsi limpa, meningkatkan penyatuan DNA dan RNA, meningkatkan fungsi sel darah merah, beri-beri, demam berdarah, kurang darah, sakit pinggang, rematik, pembengkakan, meningkatkan nafsu makan dan sukar buang air besar.

Inilah 5 Manfaat Sayur Kangkung

Tanaman Bayam berbentuk perdu atau semak, berdaun tunggal dengan ujung meruncing, lunak dan lebar. Batangnya lunak dan berwarna hijau keputih-putihan, putih kemerah-merahan, atau hijau. Bunga berukuran kecil muncul dari ketiak daun dan ujung barang pada rangkaian tandan. Buahnya tidak berdaging tetapi biijinya banyak, sangat kecil, bulat dan mudah pecah. Tanaman bayam berakar tunggang dan berakar samping yang kuat dan agak dalam. Lihat Selengkapnya…

Buncis dan 7 Manfaatnya untuk Kesehatan

Buncis merupakan salah satu sayuran yang paling sering dikonsumsi orang di Indonesia.  Sayur yang memiliki nama lain green beans ini sering diolah menjadi berbagai macam menu masakan, seperti gulai buncis, oseng-oseng, dan aneka tumisan. Selain memiliki cita rasa yang segar, buncis juga mengandung beragam manfaat untuk kesehatan. Namun, tak banyak yang tahu bahwa ada banyak sekali manfaat buncis untuk kesehatan. Lihat Selengkapnya…

Artikel menarik lainnya:

Kalau anda suka dengan konten ini, silahkan bagikan kepada teman ada.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.