Halo sobat tanilokal yang saya cintai dimanapun berada diseluruh Indonesia, jumpa lagi dengan artikel yang mungkin penting buat anda semua, siapa diantara kalian yang suka buah strawberry, tentunya banyak yah. mari kita simak ulasan berikutnya.

Tanaman buah strawberry merupakan salah satu tanaman buah yang populer ditanam di daerah dengan hawa sejuk atau bahkan dingin. Akan tetapi, tak sedikit pula orang yang ingin mengetahui cara menanam buah strawberry yang tepat.

Hal ini tak terlepas dari tingginya permintaan tanamanbuah strawberry yang bisa membuka peluang untuk membuka usaha budidaya buah strawberry. Maka kamu harus mengetahui hal-hal yang penting dalam memulai budidaya strawberry salah satunya berikut.

Langkah awal untuk menunjang syarat tumbuh tanaman strawberry yang bagus, tentu hal yang penting dilakukan adalah memperhatikan syarat tumbuh tanaman secara tepat, berikut ulasannya:

A – Jenis Media Tanam yang bagus

Untuk menunjang media tanam yang sesuai bagi tanaman strawberry maka kamu perlu mengetahui media tanam yang tepat. Salah satunya media tanam yang tepat yaitu tanah liat berpasir, memiliki kesuburan yang bagus, tekstur tanahnya gembur. Selain itu media tanam yang bagus untuk tanaman strawberry mengandung bahan organik, kandungan air dan udara yang bagus.

B – pH Tanah yang stabil

Setelah mengetahui jenis media tanam yang bagus untuk tanaman strawberry, kamu harus mengetahui juga pH tanah yang dibutuhkan tanaman strawberry.

Untuk skala besar seperti budidaya strawberry maka yang dibutuhkan pH tanah antara 5,4 sampai 7,0 (asam sampai netral)

C – Ketinggian Tempat Tumbuh

Tanaman strawberry sangat bagus dan optimal jika tumbuh pada ketinggian tepat seperti 1.000 mdpl sampai 1.500 mdpl. Indonesia juga memiliki banyak dataran tinggi yang tentunya sangatlah sesuai untuk menjadi tempat budidaya strawberry yang bagus.

D – Iklim

Tanaman Strawberry

Tanaman strawberry juga sangat bergantung dengan iklim sekitar lingkungannya, salah satu kebutuhan iklim yang sesuai adalah memiliki intensitas curah hujan 600-700 mm/tahun.

Selain itu intensitas penyinaran cahaya matahari yang dibutuhkan tanaman strawberry adalah 8 sampai 10 jam dengan temperatur suhu 17 sampai 20 derajat celsius. Untuk kebutuhan kelembaban udara yang sesuai untuk tanaman strawberry 80% sampai 90% yang akan menunjang dan memaksimalkan pertumbuhan tanaman strawberry.

Cara Memilih Bibit Strawberry

Pemilihan bibit yang tepat akan menunjang pertumbuhan tanaman secara maksimal. Hal inilah yang menjadikan pemilihan bibit strawberry yang bagus tentu akan memiliki hasil optimal juga.

Beberapa jenis bibit strawberry yang bisa dipilih salah satunya berikut ini.

A – Bibit dari Biji Strawberry

Kamu bisa memilih benih dari biji strawberrry yang berasal dari indukan buah atau tanaman yang bagus kualitasnya. Memilih bibit dari biji strawberry cocok untuk kamu yang menjadi pemula untuk budidaya strawberry. Namun bisa juga mendapatkan benih strawberry yang berkualitas dengan membeli di toko pertanian atau beberapa tempat yang menyediakan benih yang berkualitas.

B – Bibit dari Benih Vegetatif

Untuk bibit dari benih vegetatif bisa berasal dari anakan dari indukan tanaman yang bagus, perbanyakan dengan stolon yang dipilih dari indukan tanaman yang memiliki akar sulur pertama juga kedua.

Kedua jenis bibit tersebut memiliki keunggulan masing-masing yang tentunya bisa disesuaikan dengan kebutuhan kamu.

Untuk mendapatkan bibit yang memiliki daya tumbuh yang bagus haruslah melalui proses semai atau perbanyakan yang akan diulas pada tahapan selanjutnya.

Proses Semai dan Perbanyakan Bibit Strawberry

Tahapan budidaya strawberry selanjutnya dengan melakukan perbanyakan atau proses semai bibit strawberry tujuannya agar mendapatkan bibit strawberry yang seragam dan bagus, kami bisa melakukan proses pembibitan untuk 2 jenis bibit untuk menunjang pertumbuhan secara tepat seperti berikut ini.

A – Perbanyakan dan Semai dari Biji

Biji yang sudah dipilih jika berasal dari buah strawberry langsung maka sebaiknya dibersihkan terlebih dahulu sedangkan jika kamu membeli dari toko pertanian atau sejenisnya, maka inilah langkah selanjutnya.

Yang harus kamu lakukan adalah merendam biji atau benih strawberry dengan Pupuk Organik Cair GDM Spesialis Buah-Buahan dengan takaran dosis 50 ml untuk 1 liter air selama kurang lebih 30 menit.

Buat media persemaian dari polybag dengan komposisi media tanam seperti tanah, campuran pasir, kompos atau pupuk kandang perbandingan 1:1:1 dan untuk mengoptimalkan pertumbuhan tanaman saat proses semai tambahkan Granule Bio Organik GDM SAME dengan takaran dosis 20 gram/polybag dengan cara di tebar secara merata dan GDM Black BOS dengan takaran dosis 1:100 kocor sebanyak 1 gelas /polybag.

Setelah itu lubangi campuran media tanam yang sudah siap, dan masukkan biji atau benih strawberry siap semai. Simpan polybag berisi benih atau biji semai pada tempat yang memiliki suhu lingkungan yang berkisar 18-12 derajat celsius dan untuk perawatan siram benih serta tunggu sampai beberapa hari tumbuh helai daun baru dipindahkan ke lahan tanam.

B – Perbanyakan dan Semai Dengan Vegetatif

Penyemaian dan proses perbanyakan bibit strawberry secara vegetatif yaitu menggunakan tanaman indukan yang berumur 1 sampai 2 tahun.

Manfaat Buah Pare Yang Perlu Diketahui

Pare populer dengan rasanya yang pahit. Namun, di balik rasanya yang pahit, pare menyimpan banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Saat nama buah pare disebut yang terlintas pertama kali dibenak kebanyakan orang adalah rasanya yang pahit dan warna pare yang hijau. Memang, buah pare terkenal dengan rasa pahit. Meski rasanya pahit, tidak sedikit orang yang suka mengonsumsi pare. Lihat Selengkapnya…

Manfaat Buah Mangga Yang Jarang Diketahui

Sudah menjadi rahasia umum bila Indonesia merupakan salah satu negara di dunia yang kaya akan keragaman hayati, salah satunya adalah buah-buahan yang banyak mengandung vitamin.  Mangga adalah salah satu buah bergizi tinggi yang nikmat disantap. Salah satu buah yang memiliki banyak vitamin dan banyak tumbuh di Indonesia adalah buah mangga. Terdapat ratusan jenis mangga dengan rasa, bentuk, warna, dan ukuran yang berbeda-beda di berbagai belahan dunia.  Lihat Selengkapnya…

Artikel menarik lainnya:

Kalau anda suka dengan konten ini, silahkan bagikan kepada teman ada.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.