Sobat tanilokal yang saya cintai, apa kabarnya hari ini, semoga baik-baik saja yaaaah, kali ini saya coba mengulas cara menanam bunga melati agar dapat tumbuh dengan baik dan sempurnya. Mari kita simak ulasannya berikut ini.

Bunga melati merupakan tanaman hias berupa perdu berbatang tegak yang hidup menahun. Bunga ini merupakan genus dari semak dan tanaman merambat dalam keluarga zaitun atau dengan nama latin “Oleaceae”. Terdiri dari sekitar 200 spesies tumbuhan asli daerah beriklim tropis dan hangat dari Eurasia, Australia dan Oseania. Bunga melati secara luas dibudidayakan untuk aroma khas bunganya yang harum.

Di Indonesia, bunga ini salah satu jenis bunga melati telah dipilih menjadi ‘Puspa Bunga‘ atau bunga simbol nasional yaitu melati putih atau yang lebih dikenal dengan nama latin “Jasminum Sambac“, karena bunga ini melambangkan kesucian dan kemurnian, serta dikaitkan dengan berbagai tradisi dari banyak suku di negara ini.

Bunga melait ini merupakan bagian yang didak terpisahkan dari iasa rambut pengantin perempuan dalam upacara perkawinan berbagai suku di Indonesia, terutama suku Jawa dan suku Sunda.

Jenis lain yang juga populer adalah melati gambir atau yang lebih dikenal dengan nama latin “Jasminum Officinale”.

Di Indonesia nama bunga melati dikenal oleh masyarakat d seluruh wilayah Indonesia.

Cara Budidaya

Tahapan pertama ketika kalian hendak menanam tanaman bunga melati ialah kalian harus memperhatikan variasi kultivar dari bunga melati itu sendiri, karena setiap variasi kultivar bunga melati memiliki kebutuhan lingkungan yang berbeda-beda sebagai syarat tanam agar tanaman bunga melati dapat tumbuh secara maksimal.

Dan berikut ini adalah berbagai syarat tanam di lokasi tanam yang akan kalian tentukan untuk menanam bunga melati:

~1~ Tanaman bunga melati membutuhkan curah hujan yang berkisar di angka 112 hingga 119 mm per bulan dengan intensitas selama 6 hingga 9 hari hujan per bulan dan dibarengi dengan iklim musim selama 2 hingga 3 bulan kering dan 5 hingga 6 bulan basah.

~2~ Usahakan suhu udara yang tersedia di lokasi penanaman ketika siang hari ialah berada di kisaran 28 hingga 36 derajat celcius dengan suhu udara pada malam harinya sekitar 24 hingga 30 derajat celcius.

~3~ Kelembaban di lokasi penanaman haruslah sekitar 5o hingga 80 persen dan hal ini tergolong udara yang cocok untuk melakukan budidaya tanaman bunga melati.

Beginilah 6 Cara Menanam Bunga Melati
Beginilah 6 Cara Menanam Bunga Melati

~4~ Lokasi penanaman baik untuk skala besar di lahan yang luas dan di skala kecil seperti pada pot atau di pekarangan rumah haruslah memiliki pancaran sinar matahari secara langsung yang cukup.

~5~ Angka pH tanah harus stabil dikisaran angka 5 hingga 7.

~6~ Ketinggian tanah yang dibutuhkan sebagai syarat tanam demi terciptanya bunga melati yang tumbuh subur ialah berada di dataran rendah hingga menengah dengan ketinggian mencapai sekitar 0 hingga 700 meter diatas permulakan laut.

Bibit stek yang ditanam pastikan mendapatkan pancaran sinar matahai secara langsung secara cukup, khususnya pada waktu pagi hari.

Apabila akar telah cukup kuat , barulah kalian pindahkan pada media tanam, baik itu berupa pot ataupun pada lahan yang luas.

Asal usul Bunga Melati

Bunga melati berasal dari wilayah Eropa, Asia, Australia dan kawasan Pasifik. Hingga kini di selauruh dunia terdapat lebih dari 200 spesies bunga melati.

Namun dari seluruh spesies tersebut , jumlah spesies bunga melati yang sudah secara luas dibudidayakan baru mencapai sekitar 9 spesies.

Di Indonesia sendiri spesies melati yang cukup terkenal adalah bunga melati putih.

Karena keharumannya, bunga melati kerap digunakan sebagai bahan untuk pembuatan produk wangi-wangian.

Selain itu, bunga melati juga kerap digunakan oleh beberapa kelompok masyarakat, terutama ibu, untuk mengurangi atau bahkan menghentikan air susu ibu yang keluar dari payudara dengan cara meletakkan bunga tersebut di area di bagian atas payudara.

Beberapa Manfaat Bunga Melati

Bunga melati bermanfaat untuk bunga tabur, bahan industri minyak wangi, kosmetik, parfum, farmasi, penghias rangkaian bunga dan bahan campuran atau pengharum teh, sperti teh melati yang populer di Indonesia.

Bunga dan daun-daun dari beberapa spesies melati digunakan untuk mengurangi atau menghentikan keluarnya susu ibu dalam rupa bunga yang diremukkan atau tapal daun-daunan yang ditempelkan di atas buah dada.

Tapal daun-daunan dari beberapa jenis melati dipakai untuk mengobati bisul dan sakit kulit. Daun-daun ini juga digunakan sebagai obat kumur untuk mengobati sariawan dan pembengkakan gusi.

Air rendaman bung ayang telah bermalam digunakan sebagai penyegar untuk mencuci muka. Ekstrak akar beberapa jensi melati dimanfaatkan sebagia penurun demam.

Rebusan akar melati atau rendaman bunganya dipakai untuk mengatasi radang peparu, bronkitis dan juga asthma.

Akar yang ditumbuk dijadikan tapal untuk menyembuhkan keseleo atau patah tulang. Tingtur (ekstrak dalam alkohol) akar ‘Jasminum Sambac’ memiliki khasiat kuat sebagai penenang (sedativa), anestetik dan penyembuh luka.

Demikianlah ulasan tentang bunga melati yang dapat saya rangkai, semoga bermanfaat untui sobat tanilokal semuanya, sampai bertemu lagi pada ulasan berikutnya. Terima kasih.

Indahnya Bunga Kamboja

Bunga Kamboja

Siapa sih yang tidak kenal dengan tanaman satu ini?, bunga kamboja. Di Negara kita ini, bunga kamboja sangat populer di berbagai kalangan apalagi bagi para pecinta tanaman hias. Bunga kamboja yang dahulu identik dengan pemakaman ini sekarang sudah bisa Anda jumpai di berbagai tempat sebagai tanaman hias. Karena bentuk dan warna bunga yang cantik serta beragam membuat tumbuhan ini digandrungi banyak orang. Lihat Selengkapnya…

Cara Menanam dan Merawat Bunga Anggrek

Bunga anggrek memang cantik dan termasuk bunga favorit untuk menghias interior rumah. Sayangnya, seringkali tanaman anggrek yang kita beli tak kunjung berbunga walau sudah dirawat lama. Di dunia terdapat lebih dari 25.000 jenis tanaman anggrek, dan 4.000 jenis di antaranya tersebar di berbagai pulau di Indonesia, seperti Kalimantan, Jawa, Sulawesi, Papua, dan pulau-pulau lain. Beberapa jenis anggrek yang tumbuh di Indonesia Lihat Selengkapnya…

  • Klik disini

Artikel menarik lainnya:

Kalau anda suka dengan konten ini, silahkan bagikan kepada teman ada.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.