Buncis merupakan salah satu sayuran yang paling sering dikonsumsi orang di Indonesia. Sayur yang memiliki nama lain green beans ini sering diolah menjadi berbagai macam menu masakan, seperti gulai buncis, oseng-oseng dan aneka tumisan.

Selain memiliki cita rasa yang segar, buncis juga mengandung beragam manfaat untuk kesehatan. Namun tak banyak yang tahu bahwa ada banyak sekali manfaat buncis untuk kesejhatan.

Buncis memiliki kandungan vitamin A, Vitamin B, vitamin C, zat besi, protein hingga zat mineral yang dibutuhkan tubuh. Bukan tanpa alasan kenapa sayuran yang masih masuk ke dalam polong-polongan ini sering jadi pilihan. Selain itu, satu cangkir buncis mentah hanya mengandung 31 kalori. Sehingga sayur berwarna hijau ini cocok dikonsumsi oleh seseorang yang ingin menurunkan berat badan.

Selain mudah didapat dan murah harganya, buncis sangat mudah diolah jadi berbagai macam hidangan mulai dari tumisan, direbus maupun dikukus.

Segudang manfaat buncis yang terkandung di dalamnya akan menjadi alasan tambahan kenapa sayuran hijau ini pantas dijadikan pilihan.

Dan masih banyak manfaat buncis yang berfungsi efektif untuk menjaga kesehatan tubuh. Lantas apa saja manfaat buncis untuk kesehatan, simak ulasannya berikut ini:

>> Dapat Menurunkan Resiko Kanker

Kanker menjadi salah satu penyakit paling mematikan di dunia. Oleh sebab itu, upaya pencegahan harus terus dilakukan sejak dini. Salah satu cara paling mudah yaitu dengan mengkonsumsi sayur buncis. Sayur buncis diketahui mengandung turunan asam lemak yaitu senyawa acetogenins. Kandungan ini sebagai antioksidan yang dapat berfungsi mencegah pertumbuhan sel-sel kanker.

>> Dapat Melancarkan Pencernaan

Sayur buncis mengandung serat yang dapat berfungsi membantu proses memperlancar pencernaan. Tak hanya itu, buncis juga memiliki sifat anti mikroba yang berperan penting dalam menghentikan diare. Sehingga mengkonsumsi buncis secara teratur berperan penting untuk menjaga kesehatan pencernaan.

>> Dapat Mencegah Penyakit Jantung

Penyakit jantung telah menyebabkan angka kematian tinggi di dunia. Sudah seharusnya setiap orang melakukan upaya pencegahan sejak dini.

Cara yang cukup efektif dalam mencegah penyakit ini adalah mengkonsumsi buncis. Sayur buncis memiliki kandungan zat besi, kalsium, serta efek antioksidan yang dapat secara efektif membantu mencegah penyakit jantung. Manfaat buncis ini dapat diperoleh dengan cara mengkonsumsinya secara teratur.

>> Dapat Menurunkan Berat Badan

Bagi anda yang memiliki masalah dengan berat badan, sebaiknnya rutin mengkonsumsi sayur buncis.

Pasalnya buncis merupakan sumber nutrisi yang rendah kalori. Sehingga buncis dapat membantu proses diet yang sedang anda jalani.

Seseorang yang mengkonsumsi buncis cenderung akan merasakan kenyang lebih lama.

Hal ini karena buncis mampu menghambat pelepasan ghrelin, yaitu hormon lapar yang memberikan tanda pada pikiran kita untuk makan sesuatu.

Sehingga buncis juga baik dikonsumsi bagi penderita obesitas atau kelebihan berat badan.

>> Dapat Menjaga Kesehatan Mata

Manfaat buncis selanjutnya yaitu dapat menjaga kesehatan mata.

Hal ini dikarenakan sayur buncis mengandung vitamin A yang tinggi, sehingga berperan penting dalam meningkatkan pertumbuhan sel, menjaga kesehatan kulit dan mencegah penyakit mata.

Manfaat ini bisa anda dapatkan apabila secara teratur mengkonsumsi sayur buncis yang sudah dimasak.

>> Dapat Meningkatkan kekebalan tubuh

Kandungan vitamin C dan vitamin A pada buncis berfungsi sebagai antioksidan penangkal radikal bebas. Sehingga hal ini dapat mencegah berbagai macam penyakit, seperti hipertensi hingga diabetes. Selain itu, mengkonsumsi sayur buncis secara teratur juga dapat melawan penyakit infeksi . Sehingga dapat menjaga kesehatan tubuh dan tidak mudah terkena penyakit.

>> Dapat Mencegah Radikal Bebas

Manfaat buncis lainnya ialah dapat mencegah radikal bebas.

Radikal bebas dalam tubuh apabila tidak diimbangi dengan antioksidan, maka dapat menimbulkan berbagai penyakit kronis dalam tubuh, seperti hipertensi hingga penyakit jantung.

Salah satu cara alternatif yang dapat dilakukan untuk menangkal radikal bebas adalah mengkonsumsi buncis.

Kandungan senyawa pada buncis berfungsi sebagai antioksidan yang dapat membantu menangkal radikal bebas dalam tubuh.

Itu tadi adalah beberapa manfaat buncis yang bisa kita dapat dengan mengkonsumsinya secara rutin.

Meski manfaat buncis bagi kesehatan begitu banyak, namun mengkonsumsinya dalam jumlah berlebihan juga tidak dianjurkan.

Salah satu alasannya adalah karena kandungan lektin dalam buncis.

Lektin merupakan sejenis protein yang mengikat karbhidrat, Biasanya senyawa ini ada pada kacang-kacangan termasuk buncis dan dapat menyebabkan masalah pada sistem pencernaan seperti mual, muntah, kembung hingga diare.

Salah satu cara mengurangi kadar lektin dalam buncis adalah dengan memasaknya hingga suhu 100 derajat Celsius.

Memasak buncis tidak hanya akan menetralkan lektinnya, tetapi juga meningkatkan kandungan antioksidan dan lebih mudah dicerna yang tentunya dapat menjadi manfaat buncis untuk keluarga.

Inilah 5 Manfaat Sayur Kangkung

Budidaya kangkung merupakan salah satu jenis sayuran yang proses penanamannya lebih mudah daripada sayuran kebanyakan, agar kangkung yang kita tanam dapat menghasilkan hasil yang optimal, kita dapat persiapkan mulai dari bagaimana cara pemilihan benih yang baik. Lihat Selengkapnya…

Cara Pemeliharaan Tanaman Kacang Panjang

Kacang panjang merupakan salah satu jenis sayuran kacang-kacangan. Bisa di olah menjadi panganan yang lezat.

Nah, ternyata tanaman ini bisa hidup di mana saja selama kebutuhan air dan tanahnya terpenuhi lho. Itu artinya kita bisa menanamnya di pekarangan rumah. Cara menanamnya pun tidak terlalu sulit. Lihat Selengkapnya…

Artikel Menarik lainnya:

Kalau anda suka dengan konten ini, silahkan bagikan kepada teman ada.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.