Buah apel ini menyimpan banyak sekali kandungan nutrisi yang berguna bagi kesehatan tubuh. Namun dengan banyaknya nutrisi yang dimiliki buah ini. Apel sudah lama dikenal sebagai salah satu buah yang dapat menyehatkan tubuh.

Makan apel setiap hari dapat mencegah datangnya pengyakit. Hal ini pun tak mengherankan, mengingat apel mengandung banyak vitamin dan mineral yang baik untuk tubuh.

Apakah kamu tahu apa saja manfaat buah apel itu, kita akan membahas berbagai kebaikan yang didapat dari mengkonsumsi buah apel.

Berikut ini beberapa manfaat kesehatan yang ada pada buah apel:

-1- Melindungi Fungsi Jantung

Beberapa studi menjunjukkan kalau kadar flavonoid yang tinggi dapat mengurangi resiko penyakit kardiovaskular sebesar 35%, khususnya pada perempuan. Ada pula penelitian lainnya yang dilakukan pada ribuan orang yang mengkonsumsi apel dan wine. Hasil penelitian tersebut mengungkapkan adanya pengaruh apel terhadap pencegahan penyakit jantung dan serangan jantung.

-2- Mendukung Sistem Imun

Dengan kekayaan vitamin C yang dimilikinya, tak heran bila apel bisa menjadi buah yang baik untuk mendukung sistem imun. Vitamin C sendiri mempunyai peran dalam membantu fungsi sistem imun. Nutrisi ini membantu memperkuat perlindungan jaringan terhadap patogen sekaligus mencegah stres oksidatif.

-3- Membangung Kekebalan Tubuh

Salah satu zat gizi penting yang terdapat pada apel adalah vitamin C. Vitamin C sendiri adalah vitamin yang bermanfaat untuk banyak keperluan, seperti Mambangun kekebalan tubuh atau imunitas, Membantu mempercepat penyembuhan luka, Mencegah alergi, Menjaga kesehatan kulit.

-4- Menjaga Kesehatan Otak

Polifenol pada buah apel dapat memelihara otak dari penurunan fungsi saraf yang menyebabkan Alzheimer dan Parkinson beserta daya ingat yang melemah akibat faktor usia. Pigmen quercetin dan Asam fenolik memiliki peran yang besar dalam hal ini. Sifat buah apel yang dapat menangkal radikal bebas juga mampu menghambat penurunan kognitif otak.

-5- Menurunkan Tingkat Koesterol dan Tekanan Darah Tinggi

Kandungan serat yang larut pada buah apel diyakini dapat menekan tingkat kolesterol yang dapat memicu penyakit kardiovaskular. Serat larut juga dapat mencegah lonjakan kolesterol pada dinding pembuluh darah sehingga dapat menjauhkan dari aterosklerosis (aliran darah terhambat akibat plak) dan penyakit jantung.

-6- Mencegah Kerusakan

Sel apel juga kaya dengan antioksidan quercetin dan polifenol. Maka dari itu, buah apel dapat bermanfaat untuk mencegah kerusakan sel akibat radikal bebas.

-7- Sifat Anti-inflamasi

Inflamasi kronis sering berkaitan dengan diabetes, penyakit kardiovaskular, iritasi usus besar, Alzheimer dan lain-lainnya. Penambahan buah apel ke menu makan bisa membantu mencegah inflamasi yang menyebabkan penyakit-penyakit tersebut.

-8- Mencegah Sembelit

Apel termasuk buah yang kaya akan serat. Kulit apael merupakan sumber serat tidak larut selulosa dan lignin. Oleh karena itu, makan apel bersama dengan kulitnya lebih baik daripada apel yang dikupas.

-9- Memperkuat Tulang dan Gigi

Manfaat buah apel juga terletak pada jumlah mineralnya yang tinggi. Apel mengandung mineral boron, kalium, kalsium dan zinc. Banyaknya mineral di dalam buah apel diperlukan untuk kesehatan tulang. Bahkan buah ini bisa menjadi pelengkap makanan yang baik untuk wanita pasca-menopouse.

-10- Perawatan Kulit Yang Bagus

Buah apel memiliki beragam jenis zat alami flavonoid. Salah satunya adalah phlorizin yang telah diteliti sebagai efek anti-aging untuk kulit.

Beberapa flavonoid lainnya dapat melindungi kulit dari bintik serta inflamasi yang disebabkan sinar matahari dan ultraviolet.

-11- Anti Diare

Di dalam daging buahnya, apel banyak mengandung pektin, yaitu serat kasar menyerupai gel yang larut dalam air. Zat tersebut diketahui merupakan zat antidiare alami karena dapat melindungi selaput lendir lambung dan usus dari luka dan serangan bakteri.

-12- Membantu Menurunkan Berat Badan

Buah apel mengandung serat pangan dalam jumlah yang cukup banyak. Nutrisi ini dapat memperlambat pencernaan dan memberikan rasa kenyang dengan mudah. Beberapa studi menjelaskan kalau makanan yang kaya serat seperti buah apel bisa membantu mengurangi kemungkinan berat badan yang naik.

-13- Turunkan Resiko Anak Alami Asma

Sedangkan penelitian yang dilakukan pada ibu hamil menunjukkan bahwa para ibu yang selama hamil rajin mengkonsumsi apel, lebih kecil resiko anaknya mengalami gejala-gajala asma.

-14- Mengontrol Diabetes

Senyawa flavonoid buah apel dipercaya memiliki keterlibatan dalam mengurangi masalah berkembangnya diabetes.

Sebuah studi menyatakan kalau orang-orang yang mengkonsumsi 1-2 apel perhari mengalami resiko 25% lebih sedikit terkena diabetes tipe 2.

-15- Membantu Pencernaan dan Kesehatan Usus

Polifenol dan serat merupakan komponen utama yang bermanfaat untuk kesehatan pencernaan. Sebagian besar bagian mereka langsung masuk ke susu dan difermentasikan oleh bakteri-bakteri di dalam usus.

Banyak sekali kandungan zat gizi yang terdapat di dalam buah apel. tips memilih dan menyimpan apel, pilihlah apel yang memiliki ciri-ciri berikut ini untuk mendapatkan manfaat zat gizi secara optimal:
> Masih Segar
> Tidak Lembek
> Tidak Lebam

Hindari membeli apel yang sudah memar, terpotong ataupun tergores, apalagi warnanya sudah berubah kecoklatan. Hal ini penting karena apel yang sudah memar, terpotong atau tergores akan cepat membusuk meskipun disimpan di lemari pendingin.

Sedangkan apel yang warnanya sudah berubah kecokelatan biasanya sudah terlalu lama disimpan. Selain sudah tidak segar, rasa apel pada kondisi itu biasanya juga sudah berubah. Buah apel pada umumnya bisa bertahan berminggu-minggu jika disimpan dengan benar.

Berikut saran penyimpanan apel yang baik:

> Apel bisa disimpan didalam lemari es.
> Rasa buahnya bisa tetap segar dan renyah.
> Warna daging buahnya pun tak akan cepat berubah kecoklatan.

Ketika menyimpan, pisahkan apel dengan makanan lain yang berbau tajam, karena apel dapat menyerap bau-bauan. Labih baik lagi jika apel disimpan dengan dibungkus plastik, karena buah ini mengeluarkan gas etilen yang dapat mempercepat pematangan sayur di sekitarnya, misalnya membuat wortel menjadi pahir, membuat mentimun cepat menguning dan memunculkan bintik-bintik cokelat pada daun selada lettuce.

Jika menemukan tanda-tanda lebam atau memar pada salah satu buah apel, segeralah memindahkan bauh tersebut karena dapat membuat apel-apel yang lain ikut rusak. Banyak sekali manfaat yang bisa kita petik dari buah apel.

Meski variasi buah apel yang dijual di pasaran sangat banyak, kita masih bisa memperoleh nutrisi yang diperlukan tubuh, tak peduli jenis apel apa itu. Karenanya, apel sangat baik untuk melengkapi pola makan yang sehat untu tubuh kita.

Cara Memilih dan Budidaya Buah Strawberry

Tanaman strawberry merupakan salah satu tanaman buah yang populer ditanam di daerah dengan hawa sejuk atau bahkan dingin. Akan tetapi, tak sedikit pula orang yang ingin mengetahui cara menanam strawberry yang tepat. Hal ini tak terlepas dari tingginya permintaan tanaman strawberry yang bisa membuka peluang untuk membuka usaha budidaya strawberry. Maka dulur harus mengetahui hal-hal yang penting dalam memulai budidaya strawberry salah satunya berikut. Lihat Selengkapnya…

Manfaat Buah Mangga Yang Jarang Diketahui

Sudah menjadi rahasia umum bila Indonesia merupakan salah satu negara di dunia yang kaya akan keragaman hayati, salah satunya adalah buah-buahan yang banyak mengandung vitamin.  Mangga adalah salah satu buah bergizi tinggi yang nikmat disantap. Salah satu buah yang memiliki banyak vitamin dan banyak tumbuh di Indonesia adalah buah mangga. Terdapat ratusan jenis mangga dengan rasa, bentuk, warna, dan ukuran yang berbeda-beda di berbagai belahan dunia Lihat Selengkapnya…

Artikel Menarik Lainnya:


Kalau anda suka dengan konten ini, silahkan bagikan kepada teman ada.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.