Salah satu bunga cantik dan sangat populer di dunia adalah bunga tulip. Bunga khas Belanda ini sebetulnya berasal dari Turki, Asia Tengah. Hadir dengan penampilan yang unik dan mudah dikenali.

Bunga Tulip merupakan salah satu bunga cantik dan populer di dunia. Bunga asal asia tengah ini memiliki tampilan yang cantik dan bentuk unik layaknya sebuah cangkir.

Ada pandangan yang menyatakan bahwa bunga adalah simbolisasi perasaan. Bahkan, pepatah barat menyebut, “Say it with flowers” atau katakan perasaan anda dengan bunga.

Selain itu, bunga yang menandakan datangnya musim semi ini juga memiliki aneka warna yang cantik dan menawan seperti kuning, merah, ungu, serta pink.

Meskipun tidak sepopuler mawar, namun seperti bunga-bunga lainnya, bunga tulip juga dipandang sebagai simbol berbagai perasaan dan momen tertentu.

Sejak lama, tulip bahkan dipandang sebagai salah satu bunga ungkapan cinta.

Setiap Warna Memiliki Makna Yang Berbeda

Rupanya dibalik keindahannya, bunga tulip masih menyimpan sejumlah fakta menarik sekaligus sejarah panjang,

berikut ini enam fakta unik bunga tulip yang belum diketahui banyak orang:

Ada Ribuan Varietas Tulip

Ada lebih dari 3.000 varietas tulip diseluruh dunia, termasuk varietas yang tumbuh secara alami dan yang dibudidayakan secara genetik.

Dari 3.000 varietas tersebut, bunga tulip dapat dibagi menjadi sekitar 150 spesies.

Pernah Menjadi Bunga Termahal

Bunga tulip pernah menyebabkan kekacauan pad 1600-an.

Selama ini, di Belanda, tulip sangat berharga dan dianggap oleh beberapa sejarawan sebagai penyebab kehancuran ekonomi pada 1637.

Sebab, pada waktu itu, tulip memiliki harga yang sama mahalnya dengan rumah. Bunga ini pun pernah menjadi bunga termahal di dunia.

Bunganya Bisa Dimakan

Bunga tulip sebenarnya adalah bagian dari keluarga lily, yang juga termasuk bawang merah, bawang putih juga asparagus.

Kelopaknya dapat dimakan dan telah digunakan sebagai pengganti bawang merah dan untuk membuat anggur.

Bunga tulip pernah digunakan dalam sajian makanan saat masa kelaparan di Negeri Kincir Angin selama perang dunia 2.

Setiap Warna Tulip Memiliki Arti Berbeda

Bunga tulip memiliki makna berbeda berdasarkan warna bunga. Tulip merah mewakili cinta sejati. Tak heran, tulip menjadi bunga paling populer kedua pada hari Valentine.

Tulip putih melambangkan permintaan maaf dan pengampunan. Tulip ungu adalah simbol kerajaan serta kuning melambangkan harapan dan kebahagiaan.

Tidak berasal dari Belanda

Banyak orang berpikir bahwa tulip adalah tanaman asli Belanda, karena banyaknya jumlah tulip yang ditanam dan dikirim dari Belanda.

Namun, sebenarnya bunga cantik ini berasal dari Asia Tengah dan pertama kali dibawa ke Turki. Tulip kemudian dikirim dari Turki ke Belanda pada tahun 1560-an.

Mekar Hanya 7 hingga 10 Hari

Ada festival tulip di seluruh Amerika Serikat dan dunia. Festival ini diadakan untuk merayakan bermekarannya bunga tulip.

Hal ini mengingat tulip memiliki waktu yang singkat untuk mekar. Tulip mekar hanya bertahan satu atau dua minggu. Jadi, festival ini mendorong orang untuk keluar dan melihat tulip bermekaran sebelum kembali kuncup.

Jadi, jangan kelewatan menyaksikan bunga tulip bermekaran.

Berikut ini makna bung tulip berdasarkan warnanya.

Makna bunga tulip meskipun bukan bunga terindah yang populer, namun keindahan dan keanggunan tulip yang sederhana berarti bunga tersebut telah menjadi simbol berbagai makna, antara lain sebagai berikut:

  • Cinta yang sempurna dan abadi antara pasangan atau anggota keluarga.
  • Cinta penuh gairah yang tak pernah padam, apakah gairah itu ditolak atau dibalas.
  • Sifat keagungan.
  • Cinta yang terlupakan atau terabaikan.
  • Ulang tahun pernikahan ke 11.
  • Kesejahteraan, kemakmuran dan kesenangan.
  • Beramal dan mendukung yang kurang beruntung.

Tulip adalah bunga cinta klasik. Orang Turki awalnya memelihara bunga ini menganggapnya sebagai simbol surga dibumi, menjadikannya bagian dari banyak puisi dan karya seni religius dan sekuler.

Adapun orang Belanda, yang mempopulerkan bunga tulip pada abad ke 17 silam, memandang bahwa bunga tulip adalah pengingat betapa singkatnya hidup.

Sementara itu, kaitan bunga tuli dengan cinta dan gairah berkembang terutama pada abad ke 20 dan 21. Akan tetapi, hal itu tidak mengurangi kekuatan simbolosme dibalik bunga ini.

Makna bunga tulip berdasarkan warnanya
Tidak seperti beberapa bunga mekar lainnya, makna bunga tulip sangat berubah tergantung pada warnanya. Sebagai contoh adalah sebagai berikut.

  • Bunga Tulip Kuning
    arti bunga tulip kuning adalah cinta yang tak berbalas atau ditolak. Mengirim bunga tulip warna kuning kepada seseorang berarti anda mencintainya, tetapi anda tahu dia tidak membalas perasaan anda.
  • Bunga Tulip Merah
    merah cerah adalah warna gairah dan cinta yang sempurna. Jangan mengirim karangan bunga tulip warna in ke anggota keluarga atau anda akan mengirim pesan yang salah.
  • Bunga Tulip Ungu
    Ungu terkait dengan unsur kerajaan, tetapi juga kelimpahan dan kemakmuran.
  • Bunga Tulip Merah Muda
    Makna dibalik bunga tulip warna merah mudah adalah kasih sayang dan cinta yang tidak terlalu kuat dan juga menawarkan pilihan yang lebih tepat untuk teman dan keluarga.

Ragam manfaat Tulip untuk Kesehatan

Bunga tulip mengandung minyak esensial serta berbagai senyawa bioaktif yang bersifat antioksidan, antiinflamasi dan antimikroba yang kuat.

Berkat kandungan tersebut, ada cukup banyak manfaat bunga tulip yang bisa kita dapatkan, di antaranya:

Meredakan Stres

Limonene dan linalool adalah minyak esensial utama bunga tulip. Senyawa ini dapat mengharumkan dan menyegarkan udara dalam ruangan.

Aroma minyak esendial bunga tulip juga diketahui dapat mempengaruhi sistem saraf dan merilexkan penghirupnya.

Hal ini dikaitkan dengan penurunan tingkat kecemasan, stres bahkan depresi.

Meningkatkan Kualitas Tidur

Selain meredakan kecemasan, kandungan senyawa linalool pada bunga tulip juga diketahui dapat menghasilkan efek sedatif atau penenang.

Senyawa alami ini bekerja dengan menurunkan aktivitas sarap di otak dan otot sehingga menimbulkan efek mengantuk.

Tak heran jika minyak esensial bunga tulip sering digunakan sebagai terapi untuk mengurangi resiko ganguan tidur, membuat tidur lebih nyenyak dan lama, bahkan mengatasi insomnia.

Hal ini tentunya akan mendukung peningkatan kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Menangkal Radikal Bebas

Manfaat tulip berikutnya adalah menangkal radikal bebas. Manfaat ini ada berkat kadar antioksidan dalam bunga tulip yang cukup tinggi.

Bahkan pada bunga tulip merah, aktivitas antioksidannya diketahui lebihh tinggi dibandingkan bunga lainnya yang juga sering dijadikan bahan makanan.

Antioksidan sangat dibutuhkan untuk menangkal efek radikal bebas berlebih yang berpotensi merusak sel-sel tubuh dan menyebabkan berbagai masalah kesehatan, mulai dari penuaan dini kulit, diabetes, hingga penyakit jantung.

Melawan Infeksi Bakteri

Penelitian menunjukkan bahwa senyawa aktif yang terkandung dalam ekstrak tulip merah dapat memerangi berbagai bakteri penyebab penyakit, mulai dari diare, demam tifoid, hingga infeksi kulit.

Melawan Pertumbuhan Sel Kanker Payudara

Sebuah penelitian membuktikan bahwa ekstrak bunga tulip kuning dan tulip merah gelap berpotensi menjadi obat kanker payudara.

Meski belum bisa diterapkan pada manusia, penelitian ini menemukan bahwa kumpulan senyawa bioaktif tulip dengan sifat sitotoksiknya dapat membunuh, sekaligus menghambat penyebaran sel kanker payudara secara signifikan.

Manfaat tulip untuk kesehatan memang terdengar sangat menarik.

Untuk mendapatkan manfaat tersebut, anda bisa menggunakan minyak esensial bunga tulip dengan cara menghirupnya, baik langsung dari botolnya atau mencampurkannya ke dalam diffuser.

Minyak ini umumnya aman untuk digunakan.

Meski begitu, masih diperlukan lebih banyak penelitian sebelum anda bisa mengkonsumsi tulip sebagai pengobatan umntuk suatu penyakit.

Jadi jangan terburu-buru dalam menggunakan obat herbal yang mengklaim manfaat tulip. Sebaiknya , berkonsultasilah terlebih dahulu dengan dokter bila ingin menggunakan tulip untuk mengatasi masalah kesehatan anda.

Cara Menanam Bunga Melati

Bunga Melati merupakan tanaman bunga hias berupa perdu berbatang tegak yang hidup menahun.

Melati merupakan genus dari semak dan tanaman merambat dalam keluarga zaitun (Oleaceae).

Terdiri dari sekitar 200 spesies tumbuhan asli daerah beriklim tropis dan hangat dari Eurasia, Australasia dan Oseania, melati secara luas dibudidayakan untuk aroma khas bunganya yang harum.

Di Indonesia, salah satu jenis melati telah dipilih menjadi “puspa bangsa” atau Lihat Selengkapnya…

Cara Hebat dan Manfaat Bunga Teratai

Anda bisa memahami kalau bunga teratai memiliki sejumlah arti dan simbolisme di sejumlah negara dan kebudayaan.

Namun secara umum masyarakat menyebutnya sebagai bunga kehidupan. Hal itu karena bunga ini terasosiasi dengan siklus kehidupan, kematian, dan kelahiran kembali.

Apalagi bunga teratai, khususnya yang berwarna merah jambu, yang merupakan bunga nasional India. Lihat Selengkapnya..

  • Klik disini

Artikel Menarik Lainnya:

Kalau anda suka dengan konten ini, silahkan bagikan kepada teman ada.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.