Pernahkah kamu melihat bunga matahari?. Bunga matahari merupakan tanaman eksotis yang menarik perhatian banyak orang. Bunga yang besar berwarna kuning bentuknya seperti matahari.

Karena cantik dan cerah memikat, banyak daerah di Indonesia yang menyajikan taman bunga matahari sebagai tempat wisata untuk berswafoto.

Ciri-ciri bunga matahari adalah tanaman dengan genus Helianthus. Jika menyukai tanaman satu ini, kamau tidak perlu lagi pergi jauh-jauh ke beragam taman bunga matahari.

Helianthus berasal dari bahasa Yunani helio yang berarti Matahari dan anthus yang berarti bunga.

Sebab bentuknya yang seperti matahari dan sifat heliotropismenya (selalu mengarah ke matahari). Bunga matahari bisa kamu tanam di kebun rumahmu.

Sebagai insect attractant, sehingga semua jenis serangga sangat suka, mulai dari belalang, ulet, siput sampai kadal, kodok, burung dan lain-lain.

Selain cantik dan membuat kebun di rumah semakin berwarna, menanam bunga matahari juga dapat menarik perhatian dan mengalihkan serangga-serangga itu dari sayur-mayur yang apabila kamu tanam di kebun.

Berikut adalah ciri-ciri dari bunga matahari:

Batang tunggal, tebal, tegak dan tidak bercabang.
Daun hijau tua yang lebar dan besar.
Tangkai yang tinggi (namun ada bunga matahari kerdil dengan tangkai yang pendek).
Kelopak bunga majemuk (kelopak bunga berlapis-lapis) berwarna kuning.
Biji yang sangat banyak dalam bunga.
Akar tunggang.
Tumbuh dalam cuaca yang hangat.
Tumbuh ke arah matahari.

Benih bunga matahari itu ada didalamnya, kalau bunganya sudah kering dia bisa disemai dan benihnya banyak di dalamnya.

Jadi dalam satu bunga matahari yang kering, dia bisa menumbuhkan calon-calon bunga matahari lainnya.

Kalu benih bunga matahari sudah kering, kamu bisa langsung menyemainya alias menanam atau menaburkan benih dan biji-bijian di tempat yang tersedia.

Tapi kamu perlu ingat kalau yang disemai itu benih bunga matahari, bukan kuaci. Kalau kuaci itu bunga matahari yang sudah dipanggang dan diberi bumbu, sehingga dia tidak akan tumbuh saat kamu tanam.

terdapat 3 cara menanam bunga matahari dikebun rumah yang bisa menguatkan ekosistem kebun.

berikut ini cara menyemai bunga matahari di rumah yang bisa kamu lakukan sendiri.

Semai Satu per Satu

Jadi satu lubang satu benih, kamu bisa pakai gelas plastik daur ulang atau tray semai kotak-kotak.

Masing-masing punya kelebihan dan kekurangan. Kalau kamu pakai plastik daur ulang, tunggu benihnya sampai tumbuh empat daun sejati lalu pindahkan ke lahan yang lebih besar atau pindah ke pot yang besar.

Kalau pakai tray semai kotak-kotak kamu bisa menyemai langsung banyak dan juga lebih minim media tanam.

Tapi, menyemai benih bunga matahari di tray semai kotak-kotak harus beberapa kali proses pemindahan.

Jadi setelah benih bunga matahari tumbuh sekitar umur dua minggu kamu pindahkan ke plastik daur ulang.

Saat bunga matahari di gelas plastik daur ulang sudah tumbuh empat daun sejati, baru kamu pindahkan ke lahan atau pot yang lebih besar.

Cara penanamannya tinggal memasukkan benih biji ke media tanam yang ada di kombinasi tanah dan kompos yang dicampur, perbandingannya 2:1.

Semai Ramai-ramai

Cara ini sangat cocok kalau kamu ingin menyemai benih yang banyak, tapi ragu dengan kualitas benihnya.

Jadi kamu semai bunga matahari di tray semai yang bukan kotak-kotak, kamu kasih media tanam, lalu buat garis-garis di media tanam.

Setelah itu, kamu bisa menyemai atau menaburkan benih bunga matahari dan tutup garis dengan media tanam.

Kalau benih bunga matahari sudah tumbuh kecambah, pisahkan segera satu per satu ke wadah yang lebih besar untuk pertumbuhan yang lebih optimal.

Tebar dan Pasrahkan

Jadi pilih lahan kebun di rumahmu yang terkena matahari penuh, lalu tinggal tebar saja benih bunga matahari.

Cara ini paling mudah tapi juga butuh kepasrahan karena bisa jadi bunga matahari tidak mekar akibat bibitnya yang masih terlalu kecil sudah dimakan serangga.

Meski begitu, tidak ada salahnya untuk mencoba metode yang ketiga ini.

Setelah malakukan semai bunga matahari dengan tiga cara di atas, kamu harus langsung menyiraminya dengan air untuk proses pertumbuhannya.

Mengutip sumber lainnya, dijelaskan bahwa bunga matahari termasuk tanaman yang membutuhkan asupan air yang cukup banyak, sehingga kamu dapat memberikan penyiraman sebanyak dua kali dalam sehari.

Penyiraman calon bunga matahari perlu dilakukan ketika cuaca sedang terik. Kombinasi sinar matahari yang penuh dengan air yang banyak akan membuat pertumbuhan dan perkembangan bunga matahari semakin cepat.

Selain melakukan penyiraman, kamu juga bisa menambahkan suplemen kepada benih bunga matahari yang kamu tanam dengan cara memberikan pupuk. Pemberian pupuk bisa kamu lakukan setelah usianya mencapai dua bulan.

Lakukan pemupukan dengan rutin untuk bulan-bulan selanjutnya. Jika suatu saat bunga mataharimu terserang penyakit atau hama yang dapat mengganggu pertumbuhan bunga matahari tersebut, kamu perlu memberikan pestisida atau pun insektisida yang khusus untuk bunga matahari.

Bunga matahari mekar sebenarnya tergantung keunikan dari masing-masing benih dan juga cuaca.

Kalau musim kering dia akan lebih cepat mekar, sementara saat musim hujan dia akan tumbuh tinggi terlebih dahulu, baru mekar.

Tapi, pada umumnya bunga matahari sudah dipindah tanam akan mengeluarkan bunga sekitar 2-3 bulan setelahnya.

Kalau bunga matahari sudah tumbuh, batang utama bunga matahari yang besar akan mengeluarkan bunga yang paling besar juga, tapi di batang-batang yang lebih kecil dia akan mengeluarkan bunga-bunga kecil, sehingga kamu akan punya pohon bunga matahari yang bunganya super banyak.

Jika kamu telat melakukan pindah tanam, maka yang terjadi adalah kamu mendapatkan bunga matahari yang pendek, karena dia sudah keburu tua.

Jadi saat dipindah tanam bunga matahari itu langsung mekar tapi sangat pendek. Oleh karena itu, kalau bisa kamu melakukan pindah tanam setelah ada 4 daun sejati. Langsung dipindahkan saja ke pot yang lebih besar atau ke tanah.

Menanam bunga matahari di pot juga tidak masalah, semakin besar potnya semakin besar bunga mataharinya. Kamu bisa menggunakan pot bediameter sekitar 30 cm.

Kalau kamu tidak memiliki lahan untuk menanam bunga matahari, silahkan tanam bunga matahari di pot yang tersedia.

Jika kamu menanam bunga matahari di halaman, saat bunga tersebut mekar kupu-kupu dan burung akan banyak berdatangan memperindah tamanmu.

Akar bunga matahari juga menghasilkan senyawa kimia yang dapat menekan pertumbuhan gulma, sehingga kamu tidak memerlukan pestisida.

Bunga matahari memiliki banyak manfaat bagi makhluk hidup. Biji bunga matahari bermanfaat sebagai makanan tinggi gizi bagi burung, hamster, juga marmut.

Kelopak bunga matahari juga dapat dimakan atau digunakan sebagai the herbal.

Biji bunga matahari juga dapat dikonsumsi oleh manusia sebagai makanan ringan yang kaya akan manfaat.

Biji bunga matahari mengandung serat, vitamin E, niacin, vitamin B6, folat, magnesium asam pantotenat, seng, tembaga, mangan, selenium, protein, karbohidrat, dan lemak tak jenuh.

Tingginya kandungan gizi membuat biji bunga matahari berperan sebagai antioksidan, mencegah penyakit jantung, peradangan, diabetes dan mencegah kanker.

Biji bunga matahari ini dapat dioleh jadi minyak nabati, kopi, hingga tepung rendah gluten untuk diet.

Bunga matahari dapat membantu mengeluarkan zat radioaktif dalam tanah dan juga air. Sehingga bunga matahari dapat membersihkan sisa-sisa nuklir yang berbahaya seperti pada bekas reaktor Chernobyl di Jepang.

Cara Hebat dan Manfaat Bunga Teratai

Anda bisa memahami kalau bunga teratai memiliki sejumlah arti dan simbolisme di sejumlah negara dan kebudayaan.

Namun secara umum masyarakat menyebutnya sebagai bunga kehidupan. Hal itu karena bunga ini terasosiasi dengan siklus kehidupan, kematian, dan kelahiran kembali.

Apalagi bunga teratai, khususnya yang berwarna merah jambu, yang merupakan bunga nasional India. Lihat Selengkapnya…

Fakta Mengenai Bunga Tulip dan Manfaatnya

Salah satu bunga cantik dan sangat populer di dunia adalah bunga tulip. Bunga khas Belanda ini sebetulnya berasal dari Turki, Asia Tengah.

Hadir dengan penampilan yang unik dan mudah dikenali.  Tulip merupakan salah satu bunga cantik dan populer di dunia.

Bunga asal Asia Tengah ini memiliki tampilan yang cantik dan bentuk unik layaknya sebuah cangkir.

Ada pandangan yang menyatakan bahwa bunga adalah simbolisasi perasaan. Bahkan, pepatah Barat menyebut Lihat Selengkapnya…

  • Klik disini

Artikel Menarik Lainnya:

Kalau anda suka dengan konten ini, silahkan bagikan kepada teman ada.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.