Bunga sepatu bukan tanaman yang asing di Indonesia. Siapa sih yang tidak kenal bunga sepatu. Bunga ini dikenal sebagai tanaman hias yang banyak ditemui dipekarangan, atau pun halaman rumah.

Bunga cantik yang biasa sering kita temui sebagai tanaman hias ditaman rumah ini adalah tanaman dari ordo Malvaceae yang berasal dari Asia Timur.

Manfaat bunga sepatu yang dioleh menjadi teh memang telah menjadi salah satu bentuk olahan populer. Bunga sepatu yang cantik ini memiliki lima kelopak bunga yang besar dengan tangkai sarinya yang menjulur keluar dan dihiasi serbuk sari di ujungnya.

Teh yang dibuat dari kelopak kering bunga sepatu ini berwana mera tua. Teh ini memiliki ciri khas rasa manis serta asam yang juga dapat dikonsumsi dalam penyajian panas ataupun dingin.

Padahal bunga ini bentuknya sama sekali tidak seperti menyerupai sepatu, satu-satunya alasan mengapa ia disebut bunga sepatu adalah karena dulunya bunga ini digunakan sebagai bahan semir sepatu di India.

Perlu diketahui, bunga sepatu sebenarnya telah digunakan sebagai tanaman herbal yang telah ada sejak ratusan tahun lalu.

Bukan cuma menjadi semir sepatu, tahukah kamu kalau ternyata bunga sepatu memiliki banyak manfaat. Di negara Afrika, ramuan dari bunga sepatu ini kerap dipakai untuk menurunkan suhu tubuh saat demam, obati penyakit jantung, serta meredakan sakit tenggorokan.

Berikut ini adalah beberapa manfaat bunga sepatu bagi kesehatan tubuh anda:

Menurunkan Demam, Flu dan Malaria

Bunga sepatu mengandung antioksidan yang bermanfaat untuk menangkal radikal bebas penyeban berbagai macam penyakit.

Daun bunga sepatu biasa digunakan sebagai penurun demam dan air rebusannya bisa di minum, juga dipakai sebagai kompresan, dan baluran bagi seluruh tubuh. Air rebusan daun bunga sepatu ini sangat efektif untuk menurunkan panas, baik pada anak-anak maupun orang dewasa.

Mengatasi Sariawan

Selain dapat mengendalikan diabetes dan pereda demam, daun bunga sepatu ini juga berkhasiat mengatasi sariawan. Siapkan air daun bunga sepatu untuk berkumur dan gunakan secara teratur.

Hal ini dipercaya bisa mengurangi rasa sakit pada sariawan anda. Sariawan akan berangsur membaik dan hilang dengan sendirinya berkat daun bunga sepatu.

Mengobati Diabetes

Menurut hasil penelitian yang diterbitkan dalam biochemical and Biophysical Research Communications, bahwa senyawa kimia yang terdapat dalam bunga sepatu dapat mengembalikan sensitivitas insulin dan mengendalikan diabetes.

Asam ferulik merupakan salah satu polifenol yang terdapat dalam bunga sepatu, dan berperan dalam mengobati diabetes.

Menurunkan Berat Badan

Semua orang pasti mendambakan bentuk tubuh yang ideal. Tetapi pola makan yang tidak sehat membuat badan kita penuh dengan lemak sehingga menyebabkan kegemukan.

Kandungan antioksidan pada bunga sepatu bisa membantu mengeluarkan racun dan lemak yang ada di dalam tubuh kita. Caranya dengan mengkonsumsi teh bunga sepatu secara teratur. Teh dari bunga sepatu ini dipercaya bisa melangsingkan berat badan.

Meringankan Pre-Menstrual Syndrome (PMS)

Pre-Manstrual Syndrome, atau biasa disebut dengan PMS merupakan masalah yang dialami oleh setiap wanita menjelang masa menstruasi. Terjadinya perubahan hormonal yang cukup ekstrim yang mengakibatkan suasana hati menjadi tak karuan.

Pada fase ini, wanita cenderung emosional dan mudah marah. Mengkonsumsi teh hangat dari rebusan bunga sepatu bisa membuat perasaan lebih tenang.

Di luar manfaat utamanya sebagai tanaman hias, ternyata bunga sepatu sangat berguna untuk kesehatan dan kecantikan rambut, seperti mengatasi kerontokan dan merangsang perumbuhan rambut.

Selain sebagai tanaman obat, bunganya juga biasa masyarakat konsumsi mentah. Bunganya juga sering berguna untuk mewarnai kain, makanan (jelly, buah kering), maskara atau untuk menggosok sepatu agar mengkilap.

Kegunaan inilah yang membuat tanaman ini masyarakat namakan bunga sepatu.

Flora ini juga menghasilkan energi listrik. Penelitian mahasiswa dan dosen Fakultas Teknik Universitas Tanjungpura (Untan) Pontianak, Kalimantan Barat mendapati ekstrak bunga sepatu bisa menyalakan lempu LED.

Flora ini memiliki kemampuan menyimpan sel surya. Tenaga surya merupakan solusi ideal krisis sumber energi listrik karena murah, bebas polusi dan alami.

Fakta Mengenai Bunga Tulip dan Manfaatnya

Salah satu bunga cantik dan sangat populer di dunia adalah bunga tulip. Bunga khas Belanda ini sebetulnya berasal dari Turki, Asia Tengah. Hadir dengan penampilan yang unik dan mudah dikenali. ┬áTulip merupakan salah satu bunga cantik dan populer di dunia. Bunga asal Asia Tengah ini memiliki tampilan yang cantik dan bentuk unik layaknya sebuah cangkir. Ada pandangan yang menyatakan bahwa bunga adalah simbolisasi perasaan. Bahkan, pepatah Barat menyebut Lihat Selengkapnya…

Manfaat Bunga Matahari Yang Cantik dan Menarik

Pernahkah kamu melihat bunga matahari? ┬áBunga matahari merupakan tanaman eksotis yang banyak menarik perhatian banyak orang. Bunga yang besar, berwarna kuning, dengan bentuk seperti Matahari yang sering digambar oleh anak-anak. Karena cantik dan cerah memikat, banyak daerah di Indonesia yang menyajikan taman bunga matahari sebagai tempat wisata untuk berswafoto. Lihat Selengkapnya…

Artikel Menarik Lainnya:

Kalau anda suka dengan konten ini, silahkan bagikan kepada teman ada.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.