Daun kemangi memiliki aroma wangi yang khas. Selain jadi lalap makanan, daun kemangi juga populer dalam dunia pengobatan herbal. Selain di Indonesia, negara yang menyajikan daun kemangi pada makanannya adalah Thailand dan Vietnam.

Nama latin daun kemangi yang menjadi salah satu keluarga daun mint ini adalah Ocimum Citriodorum. Kandungan daun kemangi pun begitu beragam. Tanaman ini rupanya juga mengandung berbagi vitamin dan mineral yang baik untuk tubuh.

Daun kemangi merupakan daun tunggal berwarna hijau sampai kecoklatan. Daun kemangi berbentuk bulat telur dengan ujung runcing, daun kemangi mengandung vitamin C, kalsium, betakaroten, fosfor, zat besi, epigenin, eugenol, asam amino arginin dan triptofan.

Kandungan ini membuat daun kemangi kerap dijadikan obat herbal untuk menumpas sejumlah penyakit.

Para penggemar kuliner dan yang hobi masak pasti familiar dengan daun kemangi, karena daun kemangi banyak dimanfaatkan sebagai lalap menu makanan atau menjadi campuran bahan masakan.

Dari seluruh bagiannya, daun kemangi yang kerap dijadikan campuran menu makanan. Untuk anda yang belum familiar, daun kemangi banyak tumbuh di kebun, pinggir jalan dan pekarangan rumah.

Manfaat Daun Kemangi Untuk Kesehatan

Selain daun kemangi ini mengandung antioksidan dan vitamin, daun kemangi itu bersifat antiimflamasi, antikanker dan analgesik. Daun kemangi sangat mudah didapatkan di pasar tradisional sampai pasar modern. Harga daun kemangi pun relatif murah dan terjangkau oleh semua orang.

Berikut manfaat daun kemangi sebagai obat herbal yang bisa menumpas sejumlah penyakit.

1 – Asam Lambung

Daun kemangi mengandung vitamin C, kalsium, betakaroten, fosfor, zat besi, apigenin, eugenol, asam amino argenin dan triptofan. Daun kemangi efektif membantu menurunkan asam lambung tinggi bila dikonsumsi dengan tepat.

Anda sediakan empat lembar sampai lima lembar daun kemangi segar. rebus daun kemangi dengan air secukupnya sampai mendidih. dan minum air rebusan kemangi saat hangat.

2 – Gula Darah

Anda jangan pernah anggap enteng kadar gula darah tinggi. Sebab, hal tersebut bisa menimbulkan komplikasi penyakit serta mengancam nyawa bila tidak segera ditangani.

Daun kemangi mengandung arginin yang dipercaya efektif menurunkan kadar gula dalam darah.

3 – Mengatasi Stres

Dalam sebuah penelitian menyatakan daun kemangi mengandung adaptogen atau agen anti stres. Untuk mendapatkan manfaatnya anda bisa merebus 12 lembar daun kemangi.

Setalah matang anda bisa tambahkan madu. Aroma dan rasa daun kemangi bisa meringankan stres anda.

4 – Meringankan Penyakit Jantung

Daun kemangi mengandung eugenol yang berkhasiat untuk menetralkan kolesterol dan gula darah. Antioksidan tersebut bisa meringankan penyakit jantung.

5 – Batu Ginjal

Jika anda menderita batu ginjal dan ingin pengobatan alami. Daun kemangi bisa jadi solusinya untuk anda yang enggan minum obat kimia.

Anda blender daun kemangi dan tambahkan madu. Anda minum secara rutin.

6 – Ejakulasi Dini

Daun kemangi mengandung bioaktif non-gizi. Kandungan 8 sineol pada daun kemangi dipercaya mampu mengatasi ejakulasi dini pada pria.

Tidak hanya itu, kandungan arginin pada daun kemangi dapat memperkuat daya hidup sperma. Serta kandungan apigenin fenkhona dan eugenol bisa meningkatkan kualitas ereksi penis.

7 – Demam Berdarah

Daun kemangi dipercaya bisa menurunkan demam dan demam berdarah. Untuk merasakan manfaatnya anda cukup tumbuk daun kemangi dan daun cendana sampai halus. Anda tempelkan tumbukan daun kemangi ke dahi.

Opsi lainnya, anda rebus daun kemangi dan kapulaga dengan setengah liter air. Anda rebus sampai mendidih setelah itu bagi dua sama rata. Anda minum air rebusan daun kemangi dua kali sehari.

8 – Meredakan Sakit Kepala

Sakit kepala bisa menyerang kapan saja. Bila tidak ingin minum obat kimia, anda bisa merebus daun kemangi, anda minum rebusan air daun kemangi secara rutin sampai sakit kapala hilang.

9 – Obat Batuk dan Flu

Daun kemangi bersifat ekspektoran sehingga bisa mengobati batuk dan flu. Selain itu kemangi mampu mengencerkan lendir untuk penyakit bronkitis dan Asma.

Untuk merasakan manfaatnya, anda cukup merebus daun kemangi dan cengkeh serta tambahkan sedikit garam. Anda minum air rebusan daun kemangi tersebut secara teratur.

10 – Masuk Angin dan Perut Kembung

Daun kemangi efektif meredakan masuk angin. Selain itu daun kemangi juga dipercaya mampu meredakan perut yang kembung serta maag. Asal tahu saja, di tanah air ini daun kemangi banyak dimanfaatkan sebagai obat herbal perut kembung, masuk angin dan demam pada balita.

Untuk merasakan manfaatnya cukup mudah, anda cukup meremas daun kemangi, bawang merah dan minyak kelapa. Setelah itu, anda balurkan ramuan herbal tersebut di bagian perut, dada dan punggung.

Cara lainnya, anda bisa mengkonsumsi daun kemangi tersebut secara langsung. Selain jadi lalap, daun kemangi kaya akan manfaat untuk kesehatan tubuh anda.

Ada baiknya anda berkonsultasi dengan dokter sebelum mengkonsumsi daun kemangi sebagai obat herbal.

Meski alami, daun kemangi belum tentu 100% aman untuk dikonsumsi begitu saja. Anda juga perlu memperhatikan kebersihannya. Apalagi daun kemangi biasanya disajikan mentah.

Manfaat daun kemangi dimakan mentah juga tidak bisa benar-benar menggantikan obat yang biasa digunakan untuk mengatasi penyakit-penyakit yang disinggung di atas.

Jadi, meski kandungan daun kemangi banyak yang menyehatkan, anda sebaiknya tidak hanya bergantung pada tanaman ini apabila mengalami suatu ganguan kesehatan. Tetap periksalah diri ke dokter, untuk mendapatkan perawatan yang paling efektif dan sesuai.

Khasiat Timun Bagi Tubuh Anda

Mentimun, ketimun, atau timun sering kali dianggap sebagai sayuran. Akan tetapi, karena di dalamnya terdapat biji, timun atau Cucumis sativus termasuk ke dalam golongan buah. Di Indonesia, timun sering digunakan sebagai lalapan, bahan makanan, bahkan minuman. Timun mengandung banyak air. Karena tingginya kadar air pada timun, ini membuat timun memiliki efek menyejukkan yang baik bagi tubuh. Ditambah lagi timun memiliki sifat antioksidan yang kuat sehingga bisa menjadi pelindung sel-sel tubuh. Lihat Selengkapnya…

Daun Seledri dan Segala Manfaatnya

Tanaman Seledri adalah bagian dari keluarga Apiaceae, yang meliputi wortel, parsnip, peterseli, dan seleriak. Daun seledri¬†ternyata tak hanya digemari sebagai bahan masakan saja. Karena ternyata, daun seledri memiliki banyak manfaat lain yang terkait dengan kesehatan tubuh. Manfaat seledri bagi kesehatan¬†masih dipandang sebelah mata oleh sebagian masyarakat. Padahal selain sebagai penambah aroma sedap dan rasa segar pada sup, seledri juga memiliki manfaat luar biasa bagi tubuh manusia. Lihat Selengkapnya…

Artikel Menarik Lainnya:

Kalau anda suka dengan konten ini, silahkan bagikan kepada teman ada.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.