Di beberapa negara, Bunga adenium ini memiliki jenis penyebutan yang berbeda pula. Di Malaysia, orang menyebut dengan kamboja China, sedangkan di Thailand biasa disebut Chuanchom.

Hal serupa juga terjadi di China, dimana adenium disebut dengaan nama fook hoi hwa dan dianggap sebagai bunga membawa semangat, kebahagiaan serta keberuntungan.

Nama adenium, atau dikenal dengan sebutan bunga kamboja jepang ini banyak tumbuh subur di Indonesia. Bunga ini berasal dari Benua Afrika serta Asia bagian barat. Tanaman hias ini termasuk ke dalam jenis famili Apocynaceae yang mampu hidup di lingkungan kering.

Tanaman hias adenium memiliki bunga berwarna merah muda yang sangat cantik. Adenium dengan bonggolnya yang indah dan cantik ini menjadi incaran banyak pengoleksi tanaman hias saat ini.

Ciri khas bunga ini terletak pada bonggolnya yang menyerupai umbi, sehingga terlihat seperti tanaman bonsai, bonggol pada adenium berfungsi untuk menampung cadangan air yang banyak ketika kekeringan melanda.

Penampilan adenium akan semakin mempesona ketika bunganya bermekaran. Perawatan yang dilakukan secara rutin dengan menggunakan metode yang tepat akan menciptakan tanaman hias tumbuh dengan kondisi yang sehat, dengan bercirikan daun yang tumbuh normal dan batang yang tampak kokoh.

Tentu sudah penasaran bukan, bagaimana cara merawat adenium, simak cara merawat tanaman hias adenium supaya berbunga lebat:

1 – Pemangkasan

Kunci agar tanaman hias adenium dapat tumbuh dengan subur adalah dengan melakukan pemangkasan. Ini dilakukan untuk embentuk tajuk agar lebih rapi dan dapat dilakukan sesuai selera.

Meskipun demikian, ada beberapa kondisi yang harus diperhatikan ketika akan melakukan pemangkasan pada tanaman hias adenium. Seperti melakukan pemangkasan pada cabang yang saling berumpuk atau bersilangan.

2 – Penyiraman

Karakter tanaman hias adenium memang tidak memerlukan terlalu banyak air, tapi bukan berarti jarang menyiramnya. Adenium tetap membutuhkan air, asalkan masih dalam dosis yang cukup. Jika mendapatkan air yang berlebihan, maka akan menyebabkan akar membusuk.

Penyiraman sebaiknya dilakukan apabila tanah terasa kering dengan intensitas 1-2 kali seminggu pada pagi hari (pukul 08:00-09:00). Penyiraman dianggap cukup jika air sudah keluar dari lubang pot.

3 – Pemupukan

Pemberian pupuk harus rutin dilakukan dengan dosis yang tapat. Pupuk slow release, seperti Growmore, Hyponix dan Dekastar bisa menjadi pilihan pupuk yang tapat bagi tanaman hias adenium. Lakukan pemupukan setiap tiga bulan sekali sesuai dengan dosis yang tepat.

Untuk merangsang pembuangan, gunakan pupuk yang mengandung natrium, fosfor dan kalium yang tinggi, seperti Gandasil B, Hyponix dan Growmore. Lakukan pemupukan sebanyak dua kali seminggu sampai tanaman berbunga.

4 – Penempatan

Bunga adenium harus diletakkan ditempat yang tepat, karena tanaman ini memerlukan sinar matahari yang cukup banyak agar mempercepat proses pemekaran.

Oleh karena itu, meletakkan tanaman hias adenium dihalaman terbuka merupakan pilihan yang tepat.

5 – Sanitasi

Langkah terakhir yang harus dan jangan lupa lakukan adalah menjaga kebersihan lingkungan sekitar tanaman hias adenium, seperti mencabut gulma dan rumput.

Selain itu, apabila muncul hama (aphids, thrips, root mealy but, fungus gnat dan spider mite) dan penyakit (pomopsis, layu pucuk, busuk akar) maka segeralah mengambil tindakkan pengendalian dengan cara menyemprot pestisida yang tepat.

Untuk mencegah bibit terkena penyakit, kamu bisa merendam bibit menggunakan dosis terendah yakni dengan takaran 1 gram ml pupuk untuk 1 liter air per dua minggu sekali jika diperlukan.

Hindari penggunaan sisa pupuk cair untuk pembibitan baru. Hal ini dilakukan agar tanaman bibit baru tidak tertular hama dan penyakit dari tanaman bibit sebelumnya. Itulah lima tips agar bibit bunga adenium tumbuh subur dan sehat.

Untuk hasil akan bervariasi tergantung jenis bibit yang digunakan. Misalnya, bunga adenium jenis obesum pertumbuhannya cenderung lebih lambat dibandingkan jenis lainnya.

Manfaat Bunga Matahari Yang Cantik dan Menarik

Pernahkah kamu melihat bunga matahari?  Bunga matahari merupakan tanaman eksotis yang banyak menarik perhatian banyak orang. Bunga yang besar, berwarna kuning, dengan bentuk seperti Matahari yang sering digambar oleh anak-anak. Karena cantik dan cerah memikat, banyak daerah di Indonesia yang menyajikan taman bunga matahari sebagai tempat wisata untuk berswafoto. Ciri-Ciri Bunga Matahari Bunga matahari adalah tanaman dengan genus Helianthus. Lihat Selengkapnya…

Khasiat Tersembunyi Bunga Sepatu

Bunga sepatu bukan tanaman yang asing di Indonesia. Siapa sih yang nggak kenal bunga sepatu? Bunga sepatu telah dikenal sebagai tanaman hias yang banyak ditemui di pekarangan ataupun halaman rumah. Bunga cantik yang biasa sering kita temui sebagai tanaman hias di taman rumah ini adalah tanaman dari ordo Malvaceae yang berasal dari Asia Timur. Manfaat bunga sepatu yang diolah menjadi teh memang telah menjadi salah satu bentuk olahan yang populer. Lihat Selengkapnya…  

Artikal Menarik Lainnya:

Kalau anda suka dengan konten ini, silahkan bagikan kepada teman ada.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.