Pisang adalah buah yang kaya akan gizi, buah pisang dengan nama badama (makanan para dewa) mirip bahasa inggris banana. Di dunia ini, lebih dari 200 kultivar pisang tumbuh di daerah tropis dan 40 persen di antaranya berada di Indonesia.

Selain untuk makanan, ternyata beberapa tanaman pisang non-konsumsi juga banyak digunakan sebagai bahan baku industri.

Sejak dulu, pisang akrab dengan masyarakat Indonesia. Hal ini dibuktikan dengan seringnya pohon pusang dipakai sebagai simbol dan perlambang dalam berbagai upacara adat.

Pohon pusang melakukan regenerasi sebelum berbuah dan mati. Cara regenerasi pisang melalui tunas-tunas yang tumbuh pada bonggolnya.

Dengan cara ini pisang atau pohon pisang menunjukkan eksistensinya untuk memberikan manfaat bagi kehidupan manusia. Filosofi itu mendasari penggunaan pohon pisang sebagai simbol niat luhur pada upacara pernikahan.

Naluri leluhur kita untuk menggunakan pohon pisang sebagai simbol kehidupan ternyata tak melesat. Pohon pisang mempersembahkan setiap bagiannya untuk seribu satu keuntungan bagi kesehatan, kecerdasan dan kecantikan kita.

Dibawah ini adalah manfaat yang bisa anda dapatkan dengan mengkonsumsi buah pisang:

1 – Menurunkan Resiko Stroke

Faktanya, kalium yang terkandung dalam buah ini juga dapat membantu menurunkan resiko stroke. Terutama untuk wanita usia lanjut yang telah melewati masa menopause. Hal ini berhasil dibuktikan dalam sebuah penelitian.

Dalam penelitian tersebut diketahui bahwa wanita pasca menopause yang rutin makan makanan tinggi kalium punya resiko lebih rendah untuk terkena stroke dibandingkan dengan mereka yang tidak mengkonsumsi makanan bekalium sama sekali.

2 – Baik Bagi Pencernaan

Jika anda pernah mendengar flu perut atau pernah mengalami keracunan makanan, pisang merupakan pilihan tepat untuk menenangkan masalah perut anda.

Tekstur lembutnya membuat buah ini dapat dengan mudah melewati saluran pencernaan.

Kandungan kaliumnya juga membantu menggantikan elektrolit yang hilang dari tubuh anda. Tak hanya itu, kandungan serat dalam buah ini juga membantu menambah kepadatan feses dan meredakan diare.

Makan pisang juga bisa meringankan masalah morning sickness pada ibu hamil. Pasalnya buah satu ini kaya akan kandungan vitamin B6. Vitamin B6 memang dianjurkan untuk dikonsumsi selama kehamilan guna mengurangi masalah mual dan muntah.

3 – Meningkatkan Stamina Olahraga

Minuman olahraga memang dapat membantu menggantikan elektrolit atau cairan tubuh yang hilang. Sayangnya, minuman jenis ini biasanya mengandung gula dan bahan buatan lainnya. Sebagai gantunya anda bisa makan buah pisang sebelum olahraga.

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa pisang dapat dijadikan bahan utama minuman olahraga untuk menggantikan elektrolit yang hilang.

Bahkan buah pisang diketahui memberi manfaat yang lebih dari minuman olahraga biasa karena mengandung kalium, karbohidrat, serat dan vitamin B6 alami.

4 – Menurunkan Tekanan Darah

Selain membantu menggantikan elektrolit yang hilang dari tubuh, kandungan kalium dalam pisang punya manfaat membantu menurunkan tekanaan darah.

American Heart Association (AHA) menganjurkan penderita hipertensi untuk makan makanan tinggi kalium guna membantu turunkan tekanan darah.

Hal ini karena kalium berperan dalam menurunkan tekanan darah dengan menurunkan kadar natrium dalam tubuh.

Namun, manfaat pisang yang satu ini tidak akan bekerja secara efektif bila anda tidak mengurangi makanan yang mengandung banyak garam dan lemak. Jadi selain makan buah ini, anda juga harus menerapkan pola makanan sehat yang kaya nutrisi.

5 – Kaya Akan Magnesium

Magnesium merupakan mineral yang membantu setiap organ dan sistem dalam tubuh agar dapat berfungsi normal. Magnesium penting untuk pembentukan protein, mempertahankan fungsi otot dan saraf, produksi energi, serta mengendalikan gula darah dan tekanan darah.

Kebiasaan minum minuman keras, memiliki riwayat diabetes tipe 2, gangguan saluran cerna dan asupan makanan yang kurang dapat meningkatkan resiko kekurangan magnesium.

Padahal, kekurangan magnesium dapat menurunkan nafsu makan, menyebabkan mual-muntah, kesemutan, hingga meningkatkan resiko kejang, migrain, gangguan irama jantung dan osteoporosis. Kandungan pisang kaya akan magnesium.

Dua buah pisang berukuran sedang mengandung 16% dari kebutuhan magnesium harian anda. Menambahkan pisang ke dalam menu makanan dapat mencegah anda mengalami kekurangan magnesium.

6 – Mengandung Serat Tinggi

Kebutuhan akan serat pada pria dibawah usia 50 tahun adalah sekitar 38 gram perhari, dan 25 gram perhari untuk perempuan. Sayangnya, masih banyak orang yang sama sekali tidak memenuhi kebutuhan serat ini per harinya.

Padahal, serat penting untuk menjaga kesehatan saluran pencernaan termasuk usus. Serat pun penting untuk menjaga kadar kolestrol. Selain itu, kandungan ini dapat membantu anda menurunkan berat badan karena membuat anda kenyang lebih lama.

Faktanya, buah ini mengandung serat yang tinggi. Dua buah pisang berukuran sedang mengandung 6 gram serat kira-kira memenuhi 23 persen dari kebutuhan harian anda.

7 – Manfaat Mangan pada Buah Pisang

Mangan merupakan mineral penting untuk menjaga kesehatan tubuh. Mangan membantu metabolisme karbohidrat, kolesterol dan asam amino dalam tubuh manusia. Selain itu, mineral ini juga berperan penting dalam pertumbuhan tulang dan penyembuhan luka.

Mangan juga diperkirakan dapat mencegah migrain, menurunkan resiko komplikasi kehamilan dan menurunkan resiki kematian akibat serangan jantung.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa wanita yang mengalami osteoporosis memiliki kadar mangan yang lebih rendah dalam tubuh dibandingkan mereka yang tidak mengalami osteoporosis.

Kabar baiknya, manfaat mangan bisa anda temukan pada buah pisang. Dua buah pisang ukuran sedang mengandung sekitar 30 persen kebutuhan mangan harian anda.

8 – Baik Untuk Kulit

Jangan buang pisang yang sudah terlalu matang jika anda mau memperoleh manfaat pisang untuk kesehatan kulit. Pisang yang kematangan dapat digunakan sebagai masker wajah.

Kandungan vitamin C pada pisang penting dalam pembentukan kolagen dan membantu mencegah kerusakan akibat sinar UV.

Buah ini juga punya manfaat mencegah timbulnya jerawat, menyerap minyak dan melembabkan kulit kering.

Cara membuat masker wajah dari buah ini cukup mudah. Pertama, pilih buah yang sudah matang atau lembek. Lalu, tumbuk menjadi adonan pasta halus. Oleskan masker pisang pada kulit wajah yang bersih dan biarkan selama setidaknya 15 menit.

Setelah itu, bilaskan dengan air hingga bersih. Untuk menambah kelembaban, anda dapat menambahkan satu sendok teh madu atau greek yogurt polos.

9 – Meredakan Nyeri Uli Hati dan Mencegah Tukak Lambung

Orang yang punya maag bisa mendapatkan manfaat pisang untuk kesehatan pencernaan mereka jika buah ini rutin dijadikan cemilan. Si kuning manis ini merupakan antasida alami dan berfungsi menetralkan alasm lambung.

Pisang juga mengandung antioksidan flavoid bernama leucocyanidin, yang membantu meningkatkan membran mukus dalam lambung sehingga mencegah terjadinya tukak lambung.

Pisang adalah buah yang sangat bergizi dengan kandungan ideal antara karbohidrat, mineral dan vitamin, serta zat-zat lain yang berguna bagi tubuh kita. Kandungan gizi dan khasiat pisang sangatlah banyak.

Satu buah pisang memuat sekitar 371 kilojoules energi atau setara dengan 89 kalori. Dengan demikian pisang sanggup memasok kebutuhan energi cadangn yang dapat digunakan setiap saat dibutuhkan. Termasuk juga ketika otak mengalami kelelahan.

Berkat adanya serotonin yang aktif sebagai neurotransmitter dalam menunjang kelancaran fungsi otak.

Kandungan Gizi dari Buah Naga

Buah naga atau pitaya adalah buah yang hanya tumbuh di daerah tropis dan subtropis, seperti Amerika Selatan dan Asia. Buah naga memiliki sejumlah varietas, yang ditandai dengan perbedaan warna kulit dan daging buahnya. Seperti namanya, buah ini memiliki kulit menyerupai sisik naga, yang merupakan hewan mitos legendaris asal China. Di Indonesia, ada dua varietas atau jenis buah naga yang umum ditemukan, yaitu buah naga merah dan buah naga putih. Lihat Selengkapnya…

Beberapa Manfaat Buah Semangka

Semangka (Citrullus lanatus) adalah buah yang berasal dari Afrika Selatan dan kini sudah bisa dijumpai di seluruh dunia. Buah yang masih satu keluarga dengan melon dan mentimun ini juga tinggi antioksidan penting seperti karotenoid, likopen, dan cucurbitacin E.
 Saat cuaca panas dan terik minta ampun, buah semangka jadi salah satu pelepas dahaga yang diincar banyak orang. Lihat Selengkapnya…

Artikal Menarik Lainnya:

Kalau anda suka dengan konten ini, silahkan bagikan kepada teman ada.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.