Tanaman bunga asoka ini memiliki peran  penting dalam tradisi dan budaya, karena dimanfaatkan pada berbagai upacara adat.

Bunga asoka seringkali ditemukan di sekitar kerajaan khususnya di halaman kerajaan dan juga di sekitaran halaman rumah kita.

Saraca asoca adalah nama latin bunga asoka.

   Di Indonesia, bunga asoka cukup sering ditemukandi daerah yang lembab dan mendapatkan sinar matahari penuh.

Bunga asoka ditemukan tumbuh subur di berbagai daerah di Indonesia.  Asoka memiliki banyak manfaat bagi tubuh.

Pada bagian tanaman bunga asoka mulai dari batang, daunan, akarnya hingga bunganya dapat dimanfaatkan untuk digunakan untuk obat. Resep berikut ini sudah dipakai sejak ratusan tahun di belahan dunia.

Apa saja manfaatnya?

Bunga asoka mengandung astringent yang dapat melemaskan otot rahim sehingga melancarkan haid dan mengurangi rasa sakit dari haid.

Campurkan 20 gram bunga asoka dengan  10 gram daging lidah buaya dan sepucuk bunga mawar lalu rebus dengan 2 gelas air bersih hingga menjadi 1 gelas, minum 2-3 kali sehari.

Resep lain   dengan menggunakan 3 ons kulit kayu tanaman asoka dalam segelas air bersih hingga tersisa setengah gelas lalu minum 2-3kali sehari.

Mengobati Wasir

Jika anda memiliki wasir, anda dapat mengobati wasir tersebut dengan meminum rebusan bunga dan akar asoka yang ditumbuk halus dan disaring sebanyak 2 kali sehari.

Mengobati Memar

Untuk mengatasi memar, rebus campuran serumpun bunga asoka, sepucuk bunga mawar dan satu buah umbi buah dewa dengan 3 gelas air hingga menjadi 1 gelas air dan diminum 1-2 kali sehari. 

Mengobati Kram

Jika anda sering mengalami kram bunga asoka dapat menjadi jawaban untuk menyembuhkan kram.  Rebus 2 kelompok bunga asoka dengan 30 gram daun sembung segar dan 3 pucuk bunga mawar ke dalam air sebanyak 600 cc hingga tersisa 300 cc dan minum 2-3 kali sehari setelah makan.

Mengobati Disentri

Disentri dapat diobati menggunakan bunga dan akar asoka menggunakan metode yang sama, seperti pengobatan wasir menggunakan asoka.

Yaitu dengan meminum rebusan bunga dan akar asoka yang ditumbuk halus, dan di saring sebanyak 2 kali sehari.

Saat ini memang belum ada penelitian pasti yang menyatakan bahwa asoka baik untuk kesehatan dan dapat menyembuhkan penyakit penyakit diatas.

Namun faktanya asoka terbukti telah dikonsumsi oleh masyarakat di India selama ratusan tahun dan terbukti membantu menyembuhkan berbagai penyakit.

Cara Perawatan Tanaman Bunga Mawar

Mawar adalah salah satu bunga paling populer di dunia. Bunga dengan bentuk yang cantik dan aroma yang harum ini kerap dianggap sebagai lambang cinta dan kasih sayang.

Menanam bunga mawar di halaman rumah pun akan memberikan kecantikan yang mumpuni bagi dekorasi rumah. Sehingga, bunga ini banyak dipilih oleh pemilik rumah untuk ditanam di halaman atau taman rumah. Lihat Selengkapnya…

Cara Menanam dan Merawat Bunga Anggrek

Bunga anggrek memang cantik dan termasuk bunga favorit untuk menghias interior rumah. Sayangnya, seringkali tanaman anggrek yang kita beli tak kunjung berbunga walau sudah dirawat lama.

Di dunia terdapat lebih dari 25.000 jenis tanaman anggrek, dan 4.000 jenis di antaranya tersebar di berbagai pulau di Indonesia, seperti Kalimantan, Jawa, Sulawesi, Papua, dan pulau-pulau lain. Beberapa jenis anggrek yang tumbuh di Indonesia, yaitu… Lihat Selengkapnya….

Artikel Menarik Lainnya:

Kalau anda suka dengan konten ini, silahkan bagikan kepada teman ada.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.